Artikel Dunia Pendidikan

Mengenal Aplikasi Google Classroom

Mengenal aplikasi google classroom – Sudah banyak aplikasi tersedia yang sanggup dipakai untuk menjalankan pembelajaran daring (online). Mulai dari yang sederhana hingga aplikasi dengan fitur lengkap. Google Classroom (Google Kelas) menjadi salah satu aplikasi terkenal menyusul kebijakan pemindahan siswa berguru dari sekolah ke rumah untuk mencegah penyebaran Coronavirus Deseas (Covid-19).

 Sudah banyak aplikasi tersedia yang sanggup dipakai untuk menjalankan pembelajaran daring Mengenal Aplikasi Google Classroom

Memang, Aplikasi Google Kelas belum begitu terkenal di kalangan guru dan siswa pada satuan pendidikan dasar dan menengah pertama.. Oleh alasannya ialah itu pada kesempatan ini akan diperkenalkan aplikasi tersebut. 
Google Classroom ialah layanan online gratis bagi siapa pun yang sudah memilki akun google. Jadi, pengguna aplikasi ini harus mempunyai akun gmail.

Aplikasi Google Classrooom memungkinkan guru dan siswa sanggup terhubung dalam suatu pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini lantaran Google Classroom berupa platform pembelajaran adonan yang dikembangkan oleh google.

Pada prinsipnya aplikasi ini bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan, pendistribusandan penetapan kiprah secara online.

Google Classroom terintegrasi dengan Google Drive dalam pembuatan kiprah dan distribusi file atau dokumen. Selain itu Google Classroom juga bergabung dengan Google Dokumen, Spreadsheet dan slide untuk menulis. Kemudian Gmail untuk berkomunikasi dan Google Kalender untuk penjadwalan dan penelusuran Google.

Dalam penggunaannya, setiap menciptakan folder terpisah pada Google Drive masing-masing pengguna. Siswa sanggup mengirimkan karya untuk dinilai oleh guru.

Uniknya, Google Classroom juga mendukung aplikasi seluler dimana tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan android.

Dengan pertolongan itu, siswa sanggup melaksanakan banyak sekali acara mengambil foto, dan melampirkan tugas, membuatkan file dari aplikasi lain dan mengakses isu secara offline.

Sebaliknya guru sanggup memantau kemajuan setiap siswa dan sesudah dinilai guru sanggup kembali bekerja, dengan komentar, biar siswa mengedit dan memperbaiki tugas.

Di Google Classroom guru sanggup juga memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibentuk dan siswa sanggup berkomentar.

Memperoleh Google kelas

Guru maupun murid sanggup mempunyai Google Kelas dengan menginstal aplikasi di perangkat seluler Android, Aplle, iPhone, iPad atau Chrome OS.

Lihat juga : 7 Tips Jitu Redakan Kebosanan Kebosanan Siswa Belajar Online di Rumah
Untuk memakai semua fitur Google Kelas di perangkat seluler download juga  Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Namun bila memakai komputer tidak perlu menginstall fitur apappun. Artinya, Buka jendela peramban dan log ini ke Google Classroom.

0 Komentar untuk "Mengenal Aplikasi Google Classroom"

Back To Top