Artikel Dunia Pendidikan

Mengenal 9 Komponen Pada Mainboard Komputer

Mengenl 9 komponen pada mainboard komputer – Sebuah komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras terdiri dari banyak komponen dan salah satunya ialah mainboard atau motherboard. Komponen ini juga terdiri dari bagian-bagiannya yang disusun sedemikian rupa dalam papan PCB.

 Sebuah komputer terdiri dari perangkat keras  Mengenal 9 Komponen pada Mainboard Komputer
Perangkat mainboard komputer

Komponen-komponen pada mainboard tersebut berfungsi untuk mengatur BIOS (Bassic Input Output System) pada komputer.. Selain itu mainboard juga mengatur sistim pada RAM, VGA dan lain sebagainya.

Ada 9 komponen mainboard yang perlu dikenal; Berikut ulasannya!

1.BIOS

Komponen BIOS berupa chip untuk mengontrol tingkat kesiapan komputer pada ketika booting dengan melaksanakan pengecekan pada semua hardware yang terpasang di komputer.

Pada sebagian komputer kini ini memang tidak lagi memerlukan komponen BIOS. Namun pada komputer seri sebelumnya BIOS memilii tugas penting untuk banyak komputer.

2.Slot IDE dan SATA

Fungsi kedua slot ini berfungsi sama, sebagai penghubung harddisk ke mainboard. Namun secara fisik, kedua slot ini terlihat berbeda. Slot IDE berbentuk lebih panjang dan mempunyai ukuran sesuai dengan kabel IDE.

Sedangkan slot SATA mempunyai ukuran yang lebih kecil dan kabelnya lebih kecil dan halus sehingga tidak banyak menempati ruang pad mainboard.

Slot IDE sendiri ketika ini sudah jarang diaplikasikan pada Mainboard komputer keluaran baru, pihak produsen lebih menentukan memaksimalkan tugas dari slot SATA yang mempunyai bentuk lebih kecil sehingga dianggap minimalis dan efisien.

3.Slot memory

Slot memory merupakan komponen yang sangat penting alasannya mempunyai fungsi untuk menghubungkan RAM pada komputer. Slot memory sendiri biasanya mempunyai bentuk memanjang yang sesuai dengan ukuran dari sebuah RAM sehingga bila ingin mengganti RAM perlu diketahui terlebih dahulu apakah ukurannya cocok dengan slot memory pada Mainboard.

4.Slot AGP dan PCI express X16

Jika sebelumnya slot memory berperan sebagai daerah dari memori RAM maka selanjutnya slot AGP dan PCI Express x16 ini berperan sebagai daerah dari graphic card / VGA.

Namun demikian slot AGP sendiri sudah sangat jarang ditemui pada Mainboard keluaran terbaru ketika ini, kebanyakan dari produsen menentukan untuk mengaplikasikan slot PCI Express pada Motherboard untuk menghubungkan VGA alasannya dirasa mempunyai kualitas yang lebih baik.

5.Slot PCI express X1

Slot PCI Express X1, walaupun mempunyai nama yang hampir sama dengan komponen sebelumnya namun keduanya mempunyai fungsi yang jauh berbeda. Pada slot PCI Express X1 ini mempunyai fungsi sebagai daerah untuk memasang banyak sekali peripheral tambahan  sehingga komponen ini biasanya berjumlah lebih dari satu, dengan tujuan untuk mengantisipasi banyaknya jumlah peripheral yang ada.

6.Baterai CMOS

Baterai CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menghantarkan daya pada sistem BIOS dan menyimpan banyak sekali setting pada sistem BIOS itu sendiri. Jadi, dengan mencabut baterai CMOS dari Mainboard akan besar lengan berkuasa kepada sistem dari BIOS yang mana nantinya seluruh pengaturan didalamnya akan kembali pada settingan default.

7.I/O port

Komponen ini ialah bab yang sanggup terlihat dari luar casing Motherboard, berbentuk kumpulan port sebagai input atau output dari kabel-kabel menyerupai VGA, LAN, PS/2, dan USB.

8.Pin cable front panel

Komponen ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan tombol power, tombol restart, LED power, dan LED Harddisk.

9.Power Connector

Power Connector berfungsi sebagai penghubung antara mainboard dengan daya listrik yang mana nantinya akan diolah sebagai tenaga untuk menyalakan mainboard.
Kesembilan komponen mainboard di atas perlu dikenal untuk memudahkan pengguna komputer untuk menyelidiki bab komponen ketika komputer mengalami permasalahan.

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Mengenal 9 Komponen Pada Mainboard Komputer"

Back To Top