Artikel Dunia Pendidikan

Begini Cara Merawat Mainboard Komputer Biar Tahan Lama

Begini cara merawat mainboard  komputer semoga tahan lama – Guru dan pengguna komputer langsung (kompi) lainnya tidak haya perlu mengetahui komponen-komponen yang ada pada mainboard. Lebih dari itu perlu juga untuk mengetahui bagaimana merawat mainboard komputer.

 lainnya tidak haya perlu mengetahui komponen Begini Cara Merawat Mainboard Komputer Agar Tahan Lama
Merawat mainboard komputer semoga abadi (foto: matrapendidikan.com)

Pada pecahan terdahulu pelajaran TIK telah dibahas beberapa komponen yang menjadi pecahan penting sebuah mainboard. Nah, kali ini akan disajikan bagaimana cara merawat mainboard semoga abadi dan berumur panjang serta bisa bekerja secara optimal.

1.Gunakan UPS

UPS (Uninteruptible Power Suply) ialah perangkat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dan bisa menyimpan arus listrik selama beberapa waktu ketika arus listrik terputus lantaran padamnya listrik di rumah.

Pada keadaan tertentu, tegangan listrik di rumah menjadi turun ataupun naik. UPS berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik sehingga menjaga pasokan arus listrik ke mainboard.

Nah, ketika listrik padam secara mendadak, komputer tidak akan off secara mendadak lantaran masih menerima pasokan arus listrik beberapa ketika dari UPS. Tentu saja tidak hanya mainboard yang dimankan melainkan juga komponen lain menyerupai harddisk menjadi aman.

2.Bersihkan motherboard secara berkala

Membersihkan mainboard secara terjadwal akan membebaskan komponen ini dari bubuk yang akan merusak panel mainboard maupun komponen-komponen yang ada di papan PCB mainboard.

Debu yang bersarang di panel mainboard akan berpotensi menyumbat udara, mempercepat overheat pada mainboard. Hal ini juga akan berpotensi menciptakan komputer hang atau lag.

3.Perhatikan sirkulasi udara

Perhatian terhadap sirkulasi udara penting untuk mengamankan CPU (Control Process Unit) dan mainboard. Oleh alasannya itu ventilasi udara pada cassing komputer bebeas dari kendala benda atau bubuk yang menempel.

4.Digunakan atau ditinggalkan terlalu lama

Yang tak kalah penting dalam merawat mainboard komputer ialah memakai komputer terlalu lama. Begitu pula meinggalkan komputer atau tidak memakai komputer dalam wakut yang lama.

Penggunaan komputer yang terlalu usang menimbulkan komputer bekerja keras dan mengakibatkan mainboard akan overheat meskipun memakai kipas

Sebaliknya jangan tinggalkan komputer dalam waktu usang lantaran akan menciptakan komponen-komponen di dalamnya akan melemah, berjamur atau mengeropos yang berujung pada disfungsi mainboard.

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Begini Cara Merawat Mainboard Komputer Biar Tahan Lama"

Back To Top