Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif


Pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang diterapkan pada jenjang sekolah dasar. Pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang memadukan banyak sekali macam mata pelajaran dengan tema yang sama. Mengapa pembelajaran tematik cocok diterapkan di jenjang sekolah dasar? Karena pada jenjang sekolah dasar karakteristik akseptor didiknya masih memandang sesuatu secara holistik.

Untuk dapat menerapkan pembelajaran tematik di jenjang sekolah dasar, beberapa hal yang perlu diterapkan oleh guru yaitu sebagai berikut:

Memilih Tema yang dapat disesuaikan

Tema yang akan dipilih terdapat dalam dokumen kurikulum 2013 bagi sekolah yang masih menerapkan kurikulum 2013 ini. Guru dapat melaksanakan pemilihan tema yang akan dibelajarkan terlebih dahulu. Sejatinya penetapan tema haruslah diadaptasi dengan kondisi daerah, sekolah, akseptor didik, dan guru di wilayahnya.

langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif SangGuru Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif


Melakukan Analisis SKL, KI, KD, membuat Indikator

Membca semua SKL, KI dan KD dari semua mata pelajaran, alasannya meskipun semua indikator sudah tersedia, guru dapat menambahkan indikator yang sesuai dengan tema yang sudah dipilihnya dengan mengikuti kriteria pembuatan indikator.

Melakukan pemetaan KD, Indikator dengan Tema

Setelah indikator selesai dibuat, kemudian guru melaksanakan pemetaan terhadap kompetensi dasar dan indikator yang berkaitan dengan tema yang sudah dipilih dan memasukkannya ke dalam format semoga lebih memudahkan dalam penyajian pembelajaran dan pada dikala proses pembelajaran berlangsung.

Membuat Jaringan Kompetensi Dasar

Setelah dilakukan pemetaan KD, Indikator dengan tema dalam satu tahun, maka dilanjutkan dengan membuat jaringan KD dan Indikator dengan cara menurunkan hasil cek dari pemetaan ke dalam format jaringan KD dan Indikator.

Menyusun Silabus Tematik Terpadu

Langkah guru selanjutnya yaitu menyusun silabus tematik untuk memudahkan guru melihat seluruh desain pembelajaran untuk setiap Tema hingga tuntas tersajikan di dalam proses pembelajaran.
Adapun komponen-komponen yang terdapat pada Silabus Tematik Integratif yakni:

  • Kompetensi Dasar (di ambil dari jaringan KD yang sudah terpilih)
  • Indikator( dibuat oleh guru, juga diturunkan dari jaringan)
  • Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian (memuat perencanaan penyajian untuk beberapa ahad Tema tersebut akan dibelajarkan, dan penilaian proses serta penilaian hasil yang wajib memuat penilaian dari aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan selama proses pembelajaran berlangsung)
  • Alokasi waktu (ditulis secara utuh komulatif satu ahad berapa jam pertemuan, misalnya 30Jp x 35 menit) x 4 minggu)
  • Sumber dan Media


Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Integratif(TI)

Menyusun RPP merupakan langkah terakhir dari sebuah perencanaan. Di dalam RPP TI tergambar proses penyajian secara utuh dengan memuat banyak sekali konsep mata pelajaran yang disatukan dalam Tema.
Adapun komponen-komponen yang termuat dalam RPP TI , meliputi :
1. Identitas :

  • Satuan Pendidikan
  • Kelas / Semester
  • Tema
  • Pertemuan ke-
  • Alokasi Waktu

2. Kompetensi Inti (KI)
3. Kompetensi Dasar (KD)
4. Indikator
5. Tujuan Pembelajaran
6. Materi Pembelajaran (meliputi banyak sekali mata pelajaran)
7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
8. Langkah Pembelajaran
9. Sumber dan Media
10.  Penilaian (meliputi penilaian proses dan hasil, instrument dan rubric      dilampirkan)
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "SangGuru Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif"

Back To Top