Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Kelebihan dan Kekurangan Evaluasi Berbasis Web

Kelebihan dan Kekurangan Evaluasi Berbasis Web

Pada umumnya, evaluasi termasuk dalam proses pembelajaran. Sebagaimana media pembelajaran pada umumnya, pembelajaran berbasis web pun memiliki banyak sekali kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Pembelajaran Berbasis Web

  1. Memungkinkan setiap orang di mana pun, kapan pun, untuk mempelajari apa pun.
  2. Pembelajar dapat mencar ilmu sesuai dengan karakteristik dan langkah-nya dirinya sendiri sebab pembelajaran berbasis web membuat pembelajaran menjadi bersifat individual.
  3. Kemampuan untuk membuat tautan (link), sehingga pembelajar dapat mengakses berita dari banyak sekali sumber, baik di dalam maupun luar lingkungan belajar.
  4. Sangat potensial sebagai sumber mencar ilmu bagi pembelajar yang tidak memiliki cukup waktu untuk belajar.
  5. Dapat mendorong pembelajar untuk lebih aktif dan berdikari di dalam belajar.
  6. Menyediakan sumber mencar ilmu pemanis yang dapat digunakan untuk memperkaya bahan pembelajaran.
  7. Menyediakan mesin pencari yang dapat digunakan untuk mencari berita yang mereka butuhkan.
  8. Isi dari bahan pelajaran dapat di-update dengan mudah.
Menurut Rusman (2009), ada lima kelebihan pembelajaran berbasis web yaitu:
  1. Access is available anytime, anywhere, around the globe (Akses tersedia kapan pun, di mana pun, di seluruh dunia)
  2. Per-student equipment costs are affordable (Biaya operasional setiap siswa untuk mengikuti acara pembelajaran menjadi lebih terjangkau)
  3. Student tracking is made easy (Pengawasan terhadap perkembangan siswa jadi lebih mudah)
  4. Possible “learning object” architecture supports on demand personalized learning (Rancangan pembelajaran berbasis web memungkinkan dilakukannya acara pembelajaran yang sudah terpersonalisasi)
  5. Contentisealy update (Materi Pembelajaran bisa diperbarui secara lebih mudah) (Rusman dkk, 2011:271-273).

 Kelebihan dan Kekurangan Evaluasi Berbasis Web SangGuru Kelebihan dan Kekurangan Evaluasi Berbasis Web


Menurut Ni Made Mertasari (2010:76), “Evaluasi berbantuan komputer cenderung dapat mengurangi kecemasan mahasiswa dalam mengerjakan tes. Selama mengerjakan tes, mahasiswa tidak merasa diawasi oleh siapapun. Oleh sebab itu, kecemasan mahasiswa akan berkurang, perasaan mahasiswa tidak tertekan, dan mahasiswa tidak diselimuti rasa takut atau was-was. Akibatnya, mahasiswa bisa berpikir dengan leluasa dan mengerjakan tes dengan lugas. Evaluasi berbantuan komputer menjamin kerahasisaan eksklusif penerima didik hanya diketahui oleh tutor. Rasa takut salah akan berkurang sebab kesalahan yang diperbuat penerima hanya diketahui oleh tutor. Keberanian penerima untuk mencoba semakin tumbuh, dan sekaligus pengalaman kerjanya akan terbina. Khusus untuk jenis tes objektif, komputer bisa mengoreksi tanggapan penerima dalam waktu singkat.”

Kekurangan Pembelajaran Berbasis Web

  1. Keberhasilan pembelajaran berbasis web bergantung pada kemandirian dan motivasi pembelajar.
  2. Akses untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan web seringkali menjadi problem bagi pembelajar.
  3. Pembelajar dapat cepat merasa bosan dan jenuh jikalau merkea tidak dapat mengakses informasi, dikarenakan tidak terdapatnya peralatan yang memadai dan bandwith yang cukup.
  4. Dibutuhkannya panduan bagi pembelajar untuk mencari berita yang relevan, sebab berita yang terdapat di dalam web sangat beragam.
  5. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis web, pembelajar terkadang merasa terisolasi, terutama jikalau terdapat keterbatasan dalam akomodasi komunikasi (Rusman dkk, 2011:271-273).
Secara umum, evaluasi pembelajaran berbasis web memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan yang dimiliki evaluasi pembelajaran antara lain, evaluasi pembelajaran dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, evaluasi berbasis web juga menunjukkan kemudahan dalam penilaiannya, sebab sudah terintegrasi secara otomatis dengan aplikasi pemrograman, serta dapat membuat siswa termotivasi untuk mencar ilmu fisika sekaligus mencar ilmu teknologi berita dan komunikasi. Evaluasi berbasis web ini juga memiliki kekurangan diantaranya, kegaiatan evaluasi membutuhkan komputer sebanyak jumlah siswa, jikalau terdapat gangguan jaringan internet, maka evaluasi tidak akan maksimal.

Tag : Evaluasi
0 Komentar untuk "SangGuru Kelebihan dan Kekurangan Evaluasi Berbasis Web"

Back To Top