Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Dimensi produk kognitif menurut Anderson & Krathwohl

Dimensi produk kognitif menurut Anderson & Krathwohl


a. Pengetahuan faktual.
. Pengetahuan faktual meliputi elemen-elemen dasar yang digunakan para pakar dalam menjelaskan, memahami dan mengatur secara sistematis disiplin ilmu mereka. Elemen-elemen ini lazimnya merupakan simbol-simbol yang diasosiasikan dengan tumpuan konkret, yang mengandung informasi penting. Pengetahuan faktual sebagian besar muncul pada level abstraksi yang relatif rendah. Dua jenis pengetahuan faktual ialah pengetahuan terminologi dan pengetahuan detail -detail dan elemen-elemen yang spesifik.

b. Pengetahuan konseptual
Pengetahuan konseptual meliputi skema, model mental, atau teori eksplisit dan implisit dalam beragam psikologi kognitif yang berbeda. Skema, model dan teori ini menggambarkan pengetahuan yang seseorang miliki mengenai bagaimana bahan diatur dan disusun, bagaimana bagian-bagian informasi yang berbeda saling bekerjasama dan berkaitan dalam suatu cara yang lebih sistematis, sehingga bagian-bagian ini berfungsi bersama-sama. Pengetahuan konseptual meliputi tiga jenis: pengetahuan penjabaran dan kategori, pengetahuan prinsip dan generalisasi, dan pengetahuan model, teori, dan struktur.

c.Pengetahuan prosedural
Pengetahuan prosedural ialah “pengetahuan mengenai cara” melaksanakan sesuatu. Pengetahuan prosedural berbentuk rangkaian langkah-langkah yang akan diikuti. Hal ini meliputi pengetahuan keahlian-keahlian, algoritma-algoritma, teknik-teknik, dan metode-metode yang secara kolektif disebut sebagai prosedur-prosedur. Pengetahuan prosedural menggambarkan pengetahuan beragam dari “proses” yang berbeda, sementara pengetahuan faktual dan konseptual berkaitan dengan apa yang disebut “produk.” Pengetahuan prosedural meliputi pengetahuan prosedural untuk pengetahuan mengenai keahlian, algoritma, teknik, dan metode yang merupakan spesifik subjek atau spesifik disiplin ilmu.

d. Pengetahuan metakognitif
Pengetahuan metakognitif ialah pengetahuan mengenai kognitif secara umum dan pengetahuan ihwal kesadaran langsung seseorang. Penekanan kepada murid untuk lebih sadar dan bertanggung jawab atas pengetahuan dan pedoman mereka sendiri. Pengetahuan metakognitif meliputi pengetahuan startegis, pengetahuan mengenai peran kognitif, serta pengetahuan ihwal diri (Suwarto, 2013).

Dimensi kognitif ini sudah memperlihatkan tingkatan berfikir Higher Order Thingking (HOT) dan berfikir tingkat rendah atau Lower Order Thingking (LOT). Menurut Rofiah (2013: 17), aspek pemahaman dan penerapan termasuk dalam kemampuan berpikir rendah atau Lower Order Thingking (LOT), sedangkan aspek daypikir termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thingking (HOT). Kemampuan berpikir tingkat tinggi menghendaki seseorang untuk menerapkan informasi gres atau pengetahuan sebelumnya dan memanipulasi informasi tersebut untuk menjangkau kemungkinan tanggapan dari suatu situasi gres (Heong, dkk, 2011). Berpikir tingkat tinggi ialah berpikir pada tingkat lebih tinggi daripada sekedar menghafalkan fakta atau memberikan sesuatu. Wardana (2010: 1627), mengemukakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi ialah proses berpikir yang melibatkan acara mental dalam usaha mengeksplorasi pengalaman yamg kompleks, reflektif dan kreatif yang dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan, yaitu memperoleh pengetahuan yang meliputi tingkat berpikir analitis, sintesis, dan evaluatif.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "SangGuru Dimensi produk kognitif menurut Anderson & Krathwohl"

Back To Top