Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Contoh Abstrak Penelitian

Contoh Abstrak Penelitian

ABSTRAK


Susdarwati. 2012. Studi Komparatif Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPOT dan Tipe ARIAS Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Aktivitas Pendidikan Berkarakter Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 1 Wonoasri Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Fisika, FPMIPA, IKIP PGRI Madiun. Pembimbing (I) Ir. Sulistyaning K., M.M., (II) Dra.Purwandari, M.M.

Kata Kunci: Aktivitas Pendidikan Berkarakter, Prestasi Belajar, Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe ARIAS, Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT 

 Studi Komparatif Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPOT dan Tipe ARIAS Terhadap Prest SangGuru Contoh Abstrak Penelitian


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi berguru fisika siswa. 2) perbedaan yang signifikan acara pendidikan berkarakter siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi berguru fisika siswa. 3) interaksi antara Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS dengan acara pendidikan berkarakter siswa terhadap prestasi berguru fisika siswa. 

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Wonoasri, dengan sampel kelas VIIA dan VIIG. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Kelas VIIA sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen I diberikan taktik pembelajaran kooperatif tipe TPOT dan kelas VIIG sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II diberikan Strategi pembelajaran kooperatif tipe ARIAS. 

Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi berguru fisika siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda serta metode observasi untuk data acara pendidikan berkarakter siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama, sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji  scheffe.

Hasil penelitian dengan α= 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Fobs= 5,1921> Ftabel= 4,002 (nilai signifikansi< 0,05) sehingga H_0A ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi berguru fisika siswa. (2) Fobs= 165,6211> Ftabel= 4,002 (nilai signifikansi< 0,05)  sehingga H_0B ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan acara pendidikan berkarakter siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi berguru fisika siswa. (3) Fobs= 0,2851< Ftabel= 4,002 (nilai signifikansi> 0,05) sehingga H0AB diterima yang berarti tidak ada interaksi antara Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS dengan acara pendidikan berkarakter siswa terhadap prestasi berguru fisika siswa.
0 Komentar untuk "SangGuru Contoh Abstrak Penelitian"

Back To Top