Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru BSCS : Pendekatan Molekular (Molecular Approach)

BSCS : Pendekatan Molekular (Molecular Approach)

. Pendekataan BSCS Blue Version memiliki tujuh prinsip yang sebagian besar dari perspektif biologi molekuler dan berfokus pada episode struktur menyerupai sel dan gen yang di awali dengan pengenalan atom, serta pada proses yang terkait dengannya. Pendekataan ini akan menjadi suatu kesalahan, jikalau dalam  mengasumsikan sesuatu seseorang memahami kehidupan di Bumi namun tidak mempelajari bagian-bagian terkecil alasannya semua episode dan proses hasilnya tertuju pada organisme secara keseluruhan, yang pada gilirannya berinteraksi dengan lingkungan eksternal. BSCS Blue Version akan memperkenalkan kau pada ilmu pengetahuan alam.


a. Pengertian
Pendekatan molekular ialah suatu pendekatan yang mengeksplorasi konsep dasar biologi melalui perspektif molekul dan termasuk ilmu pengetahuan modern dan kemajuan terbaru dalam biologi molekuler. Siswa diajak menggunakan kemampuan intelektualnya dalam  proses penyelidikan yang  dirancang untuk mengintegrasikan biologi dan prinsip-prinsip kimia.

b. Tujuan
Tujuan dari pendekatan molekular ialah semoga siswa dapat mengenali kimia sebagai aspek aspek pokok dalam kehidupan, sementara pada tingkat organisme, DNA dan lisan genlah yang menentukan bentuk, fungsi, dan sebagian besar perilaku makhluk hidup. Penjelasan mengenai evolusi dan seleksi alam diuji pada tingkat gen dalam populasi.

Adanya pembelajaran biologi dengan pendekatan molekular pada BSCS ini  diperlukan siswa menyebarkan dan menerapkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills), keterampilan penyelidikan menyerupai membuat hipotesis, mengumpulkan data, dan menganalisis data.

c. Instruksional
Pendekatan molekular pada BSCS Biology memliliki rancangan inkstruksional berupa inkuiri, dimana pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahapan, diantaranya:

  1. Planning and performing investigation (merancang dan melaksanakan investigasi)
  2. Observing (mengobservasi)
  3. Recording, and interpreting data (merekam dan menginterpretasi data)
  4. Drawing conclusions, and relating the work to other sources of information (membuat kesimpulan dan menghubungkan pekerjaan dengan sumber gosip lain)
Pada proses pembelajaran dengan pendekatan molekular penginvestigasian dikembangkan untuk merefleksi dan memperkuat pendekatan BSCS yang mencoba untuk menyajikan biologi sebagai pengetahuan eksperimental.Penyajian tersebut dilakukan  untuk menunjukkan status biologi di kala 20, dan untuk mengilustrasi  manfaatnya bagi siswa yang akan menghabiskan sebagian besar hidup di kala 21. Yang diutamakan dalam pengembangan pendekatan ini diantaranya tantangan biologi, fokus pada hal yang sedang marak terjadi dan  kekerabatan yang di rancang untuk mendorong siswa semoga menyebarkan dan menggunakan higher level thinking skills (kemampuan berfikir tingkat tinggi), Pada edisi terbaru acara laboratorium menekankan pada keterampilan penyelidikan menyerupai membuat hipotesis, mengumpulkan data, dan menganalisis data. Pada episode sintesis siswa ditantang untuk mengintegrasikan konsep di banyak sekali bab, dan sumber lain yang  dapat menunjukkan siswa kesempatan untuk menyelidiki suatu konsep.
0 Komentar untuk "SangGuru BSCS : Pendekatan Molekular (Molecular Approach)"

Back To Top