BSCS : Ecological Approach
. Pendekatan Ekologis (Green Version) ialah pengantar berbasis standar agenda untuk siswa SD biologi. BSCS Green Version menunjukkan siswa berpusat pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk mendorong mengajar dalam pemahaman konseptual di lingkungan pembelajaran berbasis penyelidikan atau investigasi. Dengan ekologi sebagai fokus utama, Green Version menunjukkan banyak sekali acara pembelajaran, berbasis pengalaman termasuk laboratorium investigasi, proyek, pembacaan interaktif, dan diskusi yang berorientasi penyelidikan.
Siswa dituntut memahami lebih lengkap kekerabatan timbal balik di antara semua makhluk hidup, dan daerah insan dalam jaring kehidupan yang sama pentingnya, biar siswa memahami ilmu itu ialah cara yang unik dan berpengaruh mengetahui ihwal dunia alam dan dampak yang terjadi pada alam itu sendiri. Hal ini bergantung pada rasa ingin tahu, kreativitas, observasi, analisis, pertanyaan terus-menerus, dan, mungkin yang paling penting, berpikir kritis. Siswa pada jenjang sekolah dasar di tuntun keterampilan dan sikap yang dimilikinya.
Pengertian
Pendekatan ekologikal ialah suatu konsep penyelidikan, dengan guru mengasumsikan tugas panduan untuk memfasilitasi belajar siswa. Untuk siswa, pemfokusan dari agenda ini ialah pada proses penyelidikan dari pada menghafal fakta. Siswa didorong untuk mempertanyakan dan mencari balasan atas pertanyaan mereka dalam lingkungan mencar ilmu yang kolaboratif.
Tujuan
Tujuan dari pendekatan ekologi ini ialah biar siswa bisa menggunakan proses sains berdasarkan kajian yang ilmiah, melalui perencanaan, melakukan, mengamati, merekam data, menafsirkan data, menarik kesimpulan, dan menyajikan yang di dapatkan dari alam beberapa bukti untuk konsep biologi dasar, dan penerima didik dapat melihat sekilas hakikat dan makna ilmu pengetahuan. Pada pendekatan ekologikal ada tiga bidang keterampilan yang dikaji dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa.
1.Keterampilan komunikasi
Memberikan intruksi, menguraikan beberapan tulisan, menulis ulang untuk memulai diskusi dan membuat sintak dan kejelasan pada penulisan ulang tersebut.
2. Keterampilan ilmu meliputi:
Memprediksikan, menyimpulkan dan menggelompokkan fakta, membedakan dari pendapat, mengidentifikasi variabel, menafsirkan membuat grafik dan peta, mengamati, membuktikan sifat dan perubahan, merumuskan, pengujian dan menyangkal hipotesis. Membentuk dan menggunakan model, menggunakan table data, menafsirkan data dalam table dan grafik.
3.Keterampilan kognitif umum (komunikasi campuran dan ilmu pengetahuan):
Mempertahankan ide/ teori dengan bukti, menggunakan perpustakaan untuk memperpanjang inspirasi teks, menyangkal argument dengan logis, berfokus pada skema, membuat kartu flash berdasarkan skimming BAB metakognitif, perencanaan bagaimana pendekatan memperlajari BAB. Memvisualisasikan orientasi dan menganalisis spasial angka 3D. Mengganalisis kosa kata gres (menggunakan premix dan sufiks, menggunakan petunjuk konseptual, menggunakan kosa kata secara tertulis) yang membentuk pertanyaan dan balasan ihwal informasi teks generalisasi terhadap kasus baru, serta menghubungkan abnormal dan kongkret.
c. Pendekatan Ecological dalam pembelajaran
Pendekatan ekologikal berangkat dari lingkungan. Menekankan pada kekerabatan antara insan dan acara lingkungannya, sehingga insan dan banyak sekali kegiatannya selalu menjadi fokus analisis dalam keterkaitannya dengan lingkungan abiotik, biotik, maupun social.
Bagaimana pendekatan tersebut dapat di terapkan pada siswa, sehingga siswa paham apa yang diamati. Pada pendekatan ini, siswa bisa memiliki rasa sayang terhadap lingkungan di sekitarnya, dengan menjaga lingkungan yang baik. pada pendekatan ekologikal ini dapat kita contohkan pada materi ekosistem. Guru melontarkan pertanyaan kepada siswa” bawah umur siapa yang tahu apa makanan pokok kita, maka bawah umur akan menjawab “nasi” lalu guru menanyakan lagi, nasi itu dari mana ? maka bawah umur akan menjawab, nasi berasal dari sawah yang sebelum diolah dinamakan beras/padi. Guru membawa siswa ke objek yang akan diamati dan menanyakan eksklusif kepada siswa sambil menunjukkan objek tersebut.
Tag :
Model Metode,
Pendidikan
0 Komentar untuk "SangGuru BSCS : Ecological Approach"