Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Hakikat Buku Teks Pelajaran

Hakikat Buku Teks Pelajaran

. Salah satu faktor penunjang pemlajaran yaitu perangkat mencar ilmu mengajar berupa buku teks. Keberadaan buku teks dinilai sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran baik untuk guru maupun untuk akseptor didik. Buku pelajaran atau buku teks pelajaran dapat digunakan secara flexible oleh akseptor didik untuk mencar ilmu terbimbing di sekolah maupun mencar ilmu berdikari dirumah.

Ditinjau secara etimologi, buku teks merupakan bahasa serapan dari bahasa inggris yakni Textbook. Terjemahan eksklusif dari kata Textbook yaitu buku tesk atau buku pelajaran. Dalam tingkat satuan pendidikan atau sekolah, buku tesk juga sering buku tesk pelajaran, pada kurikulum satuan tingkat pendidikan atau KTSP seluruh buku tesk disusun sedimikian rupa untuk mencakup satu mata pelajaran tertentu. Penggambungan mata pelajaran hanya berkaitan dengan mata pelajaran IPA pada tingkat sekolah dasar, akan tetapi pada kurikulum 2013, kurikulum yang berbasis tematik integratif, Buku SD didesain dengan pergabungan dari seluruh mata pelajaran yang diharapkan dengan berbasis pada tema.

Menurut Permendikbud Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 1, buku teks yaitu buku pola wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi tinggi yang memuat bahan pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, adat mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang  disusun berdasarkan standar nasional pendidikan. Hal tersebut diperkuat dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013, bahwa buku teks pelajaran digunakan untuk meningkatan efisiensi dan efektivitas yang jumlahnya diadaptasi dengan kebutuhan akseptor didik.

Saleem & Thomas (2011: 18) menyatakan “textbook are powerful instruments of teaching and learning, how the teacher implements the material in the textbook and the interaction of the students with the book, the teacher, and fellow students construction of knowledge with respect to the texbook content”. Artinya, buku teks yaitu instrumen yang sangat memiliki kegunaan dalam proses mencar ilmu mengajar, bagaimana guru menerapkan isi buku teks dan interaksi siswa dengan buku, guru dan kelompok siswa membangun pengetahuan sesuai pada isi buku. Sejalan dengan hal itu, Cunningsworth dalam Roseni (2014: 417) menyatakan bahwa 
textbooks are an effective resource for self directed learning, an effective resource for presenting materials by the teachers, a source of ideas and activities, a reference source for students, a syllabus that reflects pre-determined learning objectives, and support for less experienced teachers who have yet to gain in confidence”.

Artinya buku teks yaitu sebuah sumber efektif untuk mencar ilmu sendiri secara langsung, sumber efektif untuk menyajikan isi oleh guru, sebuah sumber inspirasi dan aktivitas, sebuah  sumber rujukan untuk siswa, sebuah silabus yang merefleksikan pembelajaran yang objektif dan membantu guru kurang berpengalaman yang masih belum percaya diri. Oleh sebab itu, buku teks pelajaran menjadi seperangkat alat yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran.



Menurut Fernandes, (1984: 35), “textbooks are the most important resources of instruction and learning. Well constructed and up to date textbooks are vital for improving the quality of achievement” Artinya, buku teks yaitu sumber daya yang paling penting dari pengajaran dan pembelajaran. Dibangun dengan baik dan up to date buku teks sangat penting untuk meningkatkan kualitas prestasi. Hal tersebut diperjelas oleh Tarigan & Tarigan (2009: 13-14), buku teks yaitu buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang ilmu itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu jadwal pengajaran.

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa buku teks merupakan buku terstandar yang digunakan pada jenjang pendidikan tertentu yang digunakan dikelas berisi banyak sekali macam acara mencar ilmu dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Buku teks yang digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran biasanya lebih dari 1 untuk memperkaya wawasaan dan pengalaman guru dan akseptor didik.
0 Komentar untuk "SangGuru Hakikat Buku Teks Pelajaran"

Back To Top