Artikel Dunia Pendidikan

Pengertian Pantun dan Jenis-jenis Pantun Yang Harus Kita Pahami

Pengertian Pantun dan Jenis-jenis Pantun Yang Harus Kita Pahami - Pantun yakni salah satu khazanah kekayaan sastra Indonesia yang harus kita lestarikan. Pantun selain termasuk salah satu karya sastra juga merupakan budaya asli Indonesia yang sangat membanggakan. Pantun sendiri ternyata memiliki beberapa jenis yang ini menyampaikan betapa kayanya Indonesia akan budaya tradisional. Beragam pantun yang ada ini, tergantung akan tema dan pesan yang disampaikan sehingga memiliki pengertian yang berbeda-beda tentunya.

Pantun
Pengertian Pantun dan Jenis-jenis Pantun

Setelah beberapa waktu yang lalu kami sampaikan definisi dan pengertian pantun secara umum, maka sekarang akan kami sampaikan jenis-jenis pantun dan pengertiannya sesuai dengan jenisnya. Karena ternyata jenis-jenis pantun yang banyak ini juga memiliki pengertian pantun yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Untuk itu, untuk klebih memahami dan mengerti pengertian pantun yang sesuai dengan jenisnya, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Jenis-jenis Pantun dan Pengertiannya


1. Pantun Anak

Pantun anak ini termasuk jenis pantun yang banyak dan mudah kita dapati. Pantun anak yakni sebuah pantun yang isinya khusus menceritakan dunia anak. Sehingga jenis pantun ini tentu saja bahasanya harus menyesuaikan dengan bahasa anak supaya mudah dipahami.

2. Pantun Kasih Sayang Atau Cinta

Jenis pantun cinta ini lah yang sering sekali dan banyak disukai oleh para muda mudi. Pantun cinta yakni jenis pantun yang biasanya digunakan untuk perkenalan, untuk pedekate dan banyak sekali macam yang bekerjasama dengan percintaan. Pantun cinta, sesuai dengan namanya, berisikan ihwal cinta, ihwal keindahan atau mampu juga ihwal rayuan.
3. Pantun Adat Istiadat

Jenis pantun watak istiadat yakni salah satu jenis pantun yang juga banyak sekali digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena jenis pantun watak istiadat ini biasanya yakni pantun yang memuat ihwal beragam tradisi dan watak dari para leluhur suatu daerah. Jenis pantun watak istiadat ini termasuk pantun yang harus dipertahankan keberadaannya dan biasanya pada tempat tertentu akan selalu melesatrikan model pantun watak istiadat ini. Fungsi dari pantun watak ini yakni sebagai media peraturan dalam bermasyarakat.

4. Pantun Agama

Jenis pantun ini adaalh sebuah pantun yang didalamnya terkandung nilai-nilai atau prinsip keagamaan. Bukan saja ihwal nilai-nilai agama yang terkandung di dalam jenis pantun ini, namun juga dilengkapi dengan larangan dan perintah agama.

5. Pantun Nasehat

Pantun nasehat yakni jenis pantun yang berisikan ihwal bagaimana cara berkehidupan yang baik dan benar melalui nasehat-nasehat yang ada di dalam pantun. nasehat disampaikan melalui pantun dengan bahasa yang penuh dengan estetika.

6. Pantun Teka-teki

Jenis pantun ini yakni pantun yang menarik sebab mengandung unsur permainan tteka-teki. Jenis pantun teka teki yakni jenis pantun yang membutuhkan balasan sebab biasanya pantun teka-teki akan menanyakan ihwal sesuatu kepada para pembacanya.
Di atas yakni beberapa jenis pantun dan pengertian pantun yang sesuai dengan jenisnya. Masih ada beberapa jenis pantun yang lainnya yang insyaalloh akan kami sampaikan pada lain waktu dan kesempatan. Semoga ulasan singkat mengenai jenis pantun dan pengertian pantun sesuai dengan jenisnya di atas mampu menambah pengertian kita ihwal pantun.
0 Komentar untuk "Pengertian Pantun dan Jenis-jenis Pantun Yang Harus Kita Pahami"

Back To Top