Artikel Dunia Pendidikan

Pembahasan Struktur Teks Ulasan Sederhana

Pembahasan Struktur Teks Ulasan Sederhana - Baik, kita melanjutkan pembahasan sebelumnya masih mengenai teks ulasan. Jika pada pembahasan sebelumnya kita mempelajari pengertian teks ulasan dan juga ciri-ciri teks ulasan, maka sekarang kita akan membahas struktur teks ulasan dan juga referensi teks ulasan sederhana terhadap sebuah karya sastra. Teks ulasan ini penting keberadaannya sebab memiliki fungsi yang sangat krusial untuk mengkritisi sebuah karya.

Pembahasan
Struktur Teks Ulasan Sederhana
Seperti pada jenis-jenis teks yang lain, teks ulasan juga memiliki struktur teks ulasan yang komprehensif. Struktur teks ulasan ini harus Anda pahami juga sebagai pendukung Anda dalam menyusun sebuah teks ulasan terhadap suatu karya seni. Struktur teks ulasan sendiri memiliki empat adegan utama yaitu, orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman. Untuk lebih jelasnya mengenai bagian-bagian dari struktur teks ulasan tersebut, simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan Struktur Teks Ulasan


Struktur teks ulasan dalam pembagiannya terbagi menjadi empat struktur utama. Dari masing-masing poin dalam struktur teks ulasan ini memiliki tugas yang sangat signifikan dan tidak boleh dilewatkan dalam menyusun teks ulasan baik darama maupun karya seni lainnya. Apa sajakah keempat struktur teks ulasan tersebut, perhatikan di bawah ini.

1. Orientasi

Orientasi ialah susunan struktur teks ulasan pertama sebagai dasar Anda saat akan membuat sebuah teks ulasan. Orientasi ialah berisi perihal pengenalan perihal gsmabaran secara general atau umum mengenai sebuah karya seni, baik berupa film atau drama atau yang lainnya. Gambaran secara umum ini berperan penting dalam sebuah teks ulasan untuk menggiring atau menyiapakan latar belakang bagi pembaca atau penikmat karya seni perihal apa saja yang nantinya akan diulas mengenai objek seni tersebut.

2. Tafsiran

Struktur teks ulasan selanjutnya ialah tafsiran. Tafsiran ini ialah langkah lanjutan yang berupa gambaran secara lebih detail lagi mengenai objek yang sedang diulas. Pada tahap ini sudah memasuki bahasan mengenai keunikan, kelebihan, kualitas, kelemahan dan adegan yang lebih detail lainnya. Bisa dikatakan pada poin ke dua ini ialah struktur teks ulasan utama yang menawarkan penilaian pada bagian-bagian pokok dari sebuah objek karya seni yang sedang diulas atau dibahas.

3. Evaluasi

Struktur teks selanjutnya ialah evaluasi. Evasluasi ialah sebuah pandangan dari sang pengulas mengenai objek seni yang sedang dibahas. Tentu saja bagi para pengulas sebelum menawarkan sebuah evaluasi harus memiliki pandangan yang detail melalui tafsiran pada nomor dua di atas. Pada adegan ini, penulis mampu memberikan kelebihan dan kekurangan sebuah karya seni yang sedang dibahas, biasanya berupa drama dan film.

4. Rangkuman

Struktur teks ulasan terakhir ialah rangkuman. Setelah melaksanakan tahapan-tahapan dari struktur teks ulasan, maka adegan simpulan ialah rangkuman. Rangkuman ini ialah sebagai penutup dari struktur teks ulasan yang biasanya berupa kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya yang sudah diteliti atau diulas. Dan pada adegan ini pula pengulasn biasanya akan menawarkan penilaian terhadap karya yang diulas. Penilaian atau komentar biasanya perihal kelayakan sebuah karya yang diulas, apakah sebuah karya layak untuk ditonton atau dinikmati atau tidak.

Baca juga : Contoh Artikel Pendidikan


Nah, itulah teman-teman semua sedikit isu terkait struktur teks ualasan yang mampu kami infokan untuk Anda semua. Semoga sedikit isu mengenai struktur teks ulasan di atas mampu menjadi solusi persoalan kalian yang belum mengerti mengenai struktur teks ulasan. Dan bilamana ada kesalahan atau kekurangan dalam penjelasan di atas, kami mohon para pembaca berkenan menawarkan masukan melalui kolom komentar untuk kemudian akan kami lakukan pembetulan.
0 Komentar untuk "Pembahasan Struktur Teks Ulasan Sederhana"

Back To Top