Artikel Dunia Pendidikan

Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013 - Mata pelajaran gres yang ada di kurikulum 2013 SMP ialah prakarya menyerupai yang telah berjalan pada kelas VII dan VII. Mata pelajaran ini ada sebab ada beberapa mata pelajaran yang dihapus yaitu TIK, PLKJ dan Mulok (Tata Boga, Tata Busana dan Jasa Niaga). Karena pembatalan mata pelajaran tersebut, maka muncullah satu mata pelajaran yang pada dasarnya merupakan gabungan dari mata pelajaran yang dihapus tersebut yaitu Prakarya.

Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013
artikel terkait : Silabus SMP Kurikulum 2013 Prakarya Kelas 9

Prakarya sendiri terdiri dari 4 aspek yaitu kerajinan, pengolahan, budidaya, dan rekayasa. Mata pelajaran ini juga diubahsuaikan dengan ketersediaan sumber daya di kawasan setempat. Pelajaran ini dikembangkan semoga siswa mampu menawarkan apresiasi akan makna multikultural. Karena hal itu juga, pelajaran ini masuk dalam konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia sebagai mata pelajaran wajib yang di masa depan diperlukan dapat memberi derma dalam membuatkan sumber daya manusia.

Buku Prakarya kelas 9 kurikulum 2013 ini sama halnya dengan kelas sebelumnya yang mencakup materi Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Secara umum materi pelajaran rakarya kelas IX Kurikulum 2013 sebagai berikut:

1. Kerajinan
Kerajinan yang dimaksud ialah kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Pada semester I di kelas IX, siswa akan mempelajari Kerajinan Fungsi Hias yang akan terbuat dari janur, lukis kaca, tenun serat, sulam, dan logam (Bab 1). Sedangkan untuk semester II, siswa akan mempelajari Kerajinan Fungsi Pakai menyerupai produk dari makrame, rajut, batik, jahit aplikasi, dan tenun (Bab 1).

2. Rekayasa
Rekayasa ialah materi pelajaran yang berkaitan dengan elektro. Untuk siswa kelas IX semester I akan mempelajari Teknologi Listrik dan Teknologi Konstruksi (Bab 2). Adapun pada semester II, materi yang akan dipelajari ialah Model Bangunan Instalasi Listrik dan Rangkaian Listrik (Bab 2).


3. Budidaya
Budidaya memanfaatkan potensi alam yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa, baik yang ada di kota atau di daerah, sehingga akan membantu siswa untuk berpikir kreatif untuk berbudidaya. Pada semester I, siswa akan mempelajari Budidaya Ternak Hias (Bab 3) dan pada semester II akan mempelajari perihal Budi Daya Satwa Harapan (Bab 3).

4. Pengolahan
Pengolahan ialah episode dari mata pelajaran Tata Boga. Pada semester I siswa kelas IX akan mencar ilmu perihal Pengolahan Bahan Pangan Ikan Dan Daging (Bab 4). Untuk semester II, siswa akan mencar ilmu perihal Pengolahan Bahan Pangan Setengah Makara Dari Bahan Ikan Dan Daging Menjadi Makanan (Bab 4) dan Pengolahan Hasil Samping Dari Ikan Dan Daging Menjadi Produk Nonpangan (Bab 5).

0 Komentar untuk "Materi Pelajaran Buku Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013"

Back To Top