Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Membangun Pembelajaran Yang Efektif Di dalam Kelas

Membangun Pembelajaran Yang Efektif Di dalam Kelas


– Belajar merupakan sebuah acara yang bertujuan untuk mentransfer ilmu. Dibutuhkan beberapa syarat biar proses transfer ilmu yang hendak dilakukan dapat tercapai secara maksimal. Transfer ilmu dalam kelas bersahabat kaitannya dengan suasana di dalam kelas.

Memahami Pengertian Pembelajaran Efektif

Pada hakikatnya, proses pembelajaran yang efektif terjadi jikalau guru dapat mengubah kemampuan persepsi siswa yang awalnya sulit dipahami menjadi mudah mempelajarinya (Popham & Baker, 1992).  Pembelajaran efekti pada dasarnya bergantung pada metode yang digunakan dalam mengajar. Dengan metode mengajar, seorang guru dapat memaksimalkan acara pembelajaran.  pembelejaran efektif juga berkaitan dengan waktu belajar. Setiap kegaitan berguru yang berlangsung disekolah-sekolah selalu terkotak dengan waktu mengajar. Seorang guru dituntut untuk bisa mengelola acara berguru dengan waktu yang sudah ditentukan. Dengan waktu yang sudah ditentukan tersebut, tidak mungkin semua bahan dapat tersampaikan dengan baik jikalau tidak ada  management waktu yang baik pula.



Sedikit penjelasan diatas merupakan dua hal utama untuk membentuk pembelajaran efektif dalam kelas untuk mencapai serangkaian acara dan tujuan berguru yang dicita-citakan.  Dua point utama yang perlu diperhatikan yaitu menganalisis semua kebutuhan berguru siswa. Kebutuhan siswa berkaitan dengan kemampuan dan harapan siswa dalam mengikuti acara belajar. Selanjutnya yaitu seorang guru haru memiliki gambaran yang terang sebelum melaksanakan pembelajaran. Gambaran ini dapat terlihat dari penyusunan RPP yang dilakukan guru. Semua langkah pembelajaran yang menjadi angan-angan guru sebelum mengajar, dirancang sedemikian rupa kedalam RPP dan digunakan dalam mengajar biar acara berguru mengajar dapat terlaksana secara terstruktur dan seseuai dengan tahapan yang ingin dicapai dengan sistem penilaian yang sesuai dengan apa yang hendak dinilai.

Mengelola Kelas Pembelajaran Efektif

Pengelolaan kelas yang baik sangat diperlukan dalam menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang guru yang professional seharusnya tidak pernah mengeluhkan kondisi dan suasana kelas yang tidak sesuai dengan harapannya. Sebaliknya, dengan kondisi seadanya, guru dituntut untuk mengelola supaya hanya dengan perlengkapan kelas yang minim, bisa mengubah menjadi kelas yang nyaman. Permasalahan kebutuhan kelas memang tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab seorang guru, melainkan semua instansi yang berkaitan.
Pengelolaan kelas tidak melulu berkaitan dengan tata ruang dan tata letak peralatan yang ada didalamnya. Pengelolaan kelas lebih kepada bagaimana guru merencanakan acara berguru mengajar itu berlangsung. Pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan kelas supaya acara berguru mengajar dapat teroptimalkan.

Tag : lainnya
0 Komentar untuk "SangGuru Membangun Pembelajaran Yang Efektif Di dalam Kelas"

Back To Top