Artikel Dunia Pendidikan

Sejarah Singkat Dan Perkembangan E-Mail Yang Perlu Diketahui

Sejarah singkat dan perkembangan e-mail yang perlu diketahui – Imel berasal dari bahasa Inggris, e-mail (elektronic mail) yang berarti surat elektronik. Surat dalam hal ini suatu pesan yang dikirim berupa data dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet maupun intranet.

 Surat dalam hal ini suatu pesan yang dikirim berupa data dari satu komputer ke komputer l Sejarah Singkat dan Perkembangan E-mail yang Perlu Diketahui
Ilustrasi e-mail (pixabay.com)

Salah satu kelebihan e-mail yaitu memungkinkan pengguna komputer untuk mengirim pesan dan data serta informasi dengan cepat melalui jaringan komputer lokal maupun dunia.

Sebuah e-mail dibuat dan dikirim dengan memakai kegiatan komputer pengirime-mail MUAs (Mail-User Agents) menyerupai microsoft outlook. Selain itu pengguna imel masuk ke jaringan internet memakai kegiatan e-mail yang disediakan oleh pihak lain menyerupai hotmail dan yahoo.

Sejarah singkat e-mail

Tahun 1960-an, pemerintah Amerika Serikat membentuk sebuah kegiatan penelitian Arpanet (Advanced Research Project Agency) telah dibuat oleh. Program penelitian Arpanet kemudian mengembanggkan sistem yang di kemudian hari menjelma internet.

Selanjutnya pada 1971, peneliti dari Arpanet, Ray Tomlinson, mengirim e-mail yang pertama di dunia. Pesan yang sangat singkat, "testing 1-2-3" dikirim dan diterima komputer Ray Tomlinson sehabis melalui sejumlah komputer lain
Ray Tomlinson kemudian mengirim pesan ke temannya yang memakai sistem Arpanet. Guna memberitahukan kehadiran surat elektronik dan menawarkan arahan pengiriman dipakai standar alamat yang sampai sekarang masih dipakai (pengguna@komputer tujuan).

E-mail awal tersebut kemudian diperbaiki dan pada 1972. Sejumlah kemudahan dikembangkan dan sampai sekarang masih digunakan. 

Misalnya, kemudahan menyimpan e-mail yang diterima, membuang e-mail yang tidak diperlukan lagi, mengirim dan mendapatkan e-mail melalui kegiatan yang sama, serta mengirim e-mail yang diterima dari seseorang dan meneruskannya ke orang lain (forward message).

Alamat e-mail

E-mail address (alamat e-mail) terdiri dari pengirim dan penerima pesan. Alamat e-mail, baik dari pengirim dan penerima, harus disesuaikan. Jika pengiriman pesan dilakukan antar komputer di jaringan lokal atau intranet, pengirim sanggup memakai nama mereka saja. Akan tetapi jikalau dikirim melalui jaringan komputer dunia atau internet, ada hukum tertentu.
Aturan yang umum ialah bab pertama berisi nama pengguna, kemudian disusul simbol @ (at), kemudian alamat pengguna di internet. Alamat e-mail yang umum, misalnya, uda@yahoo.co.id. pada teladan ini, "uda" yaitu nama pengguna, "yahoo" yaitu nama perusahaan pengguna e-mail, dan "co.id" berasal dari "co" yang berarti company atau perusahaan dan "id" berarti Indonesia.

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Sejarah Singkat Dan Perkembangan E-Mail Yang Perlu Diketahui"

Back To Top