Artikel Dunia Pendidikan

Seberapa Penting Peranan Buku Catatan Siswa Dalam Mempersiapkan Ulangan?

Seberapa penting peranan buku catatan siswa ketika mempersiapkan ulangan? – Buku catatan bukanlah salinan semua isi buku sumber berguru siswa. Akan tetapi buku catatan ialah intisari atau rangkuman materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Namun dalam buku catatan juga terdapat intisari maupun rangkuman materi pelajaran yang diambil dari buku sumber belajar.

Seberapa penting peranan buku catatan siswa ketika mempersiapkan ulangan Seberapa Penting Peranan Buku Catatan Siswa dalam Mempersiapkan Ulangan?
Buku catatan pelajaran siswa (doc.matrapendidikan.com)

Buku catatan pelajaran siswa berperan penting dalam mempersiapkan ulangan di sekolah. Ada beberapa jenis ulangan di sekolah, menyerupai ulangan harian, tengah semester dan ulangan simpulan semester.

Dengan buku catatan lengkap dan rapi, siswa sanggup mempersiapkan ulangan dengan baik dan sanggup memahami banyak sekali materi pelajaran dengan mudah.

Kenapa mudah?

Karena isi buku catatan pelajaran berupa catatan-catatan penting mengenai materi pelajaran. Hal ini akan mempermudah siswa berguru kembali di rumah ketika menghadapi ulangan.

Selain itu, siswa yang rajin mencatat materi pelajaran di sekolah dan mempunyai buku catatan yang rapi dan higienis akan menciptakan betah siswa untuk mengulang pelajaran di rumah.

Lagi pula, buku catatan yang lengkap akan menciptakan siswa berguru lebih simpel tanpa harus membuka keseluruhan isi buku sumber belajar. Kecuali ada bagian-bagian materi tertentu yang mengharuskan siswa untuk membaca kembali buku sumber belajar.

Hasil ulangan di sekolah akan memuaskan!

Bagimana jikalau siswa malas mencatat materi pelajaran yang diterangkan oleh guru di sekolah? Tentu saja buku catatan pelajarannya tidak lengkap. Isi buku catatan pelajarannya banyak yang kosong.

Dapat dibayangkan, bagaimana akhirnya ketika siswa akan menghadapi ulangan di sekolah. Siswa tidak sanggup mempersiapkan ulangan dengan baik di rumah. Bahkan siswa jadi malas berguru atau tidak berguru sama sekali, apalagi orangtua siswa lalai dalam mengawasi aktivitas anak di rumah.

Mustahil hasil ulangan siswa akan memuaskan!

Tinggal kelas atau tidak lulus gara-gara malas mencatat materi pelajaran dan malas mengulang pelajaran di rumah? Secara normatif, kedua hal tersebut sanggup saja terjadi.

Dapat disimpulkan bahwa buku catatan pelajaran sangat penting peranannya bagi siswa dalam mempersiapkan ulangan di sekolah.

Tag : Kesiswaan
0 Komentar untuk "Seberapa Penting Peranan Buku Catatan Siswa Dalam Mempersiapkan Ulangan?"

Back To Top