Artikel Dunia Pendidikan

Mengenal Perangkat Utama Komputer

Mengenal perangkat utama komputer – Komputer menjadi salah satu kemudahan penunjang kelancaran kerja dan kiprah di kantor maupun di rumah. Bagi guru, kemudahan komputer sangat penting artinya dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Sedangkan tenaga manajemen memanfaatkan komputer untuk kelancaran kiprah dministrasi sekolah.

 Komputer menjadi salah satu kemudahan penunjang kelancaran kerja dan kiprah di kantor maup Mengenal Perangkat Utama Komputer
Perangkat komputer (pixabay.com)

Perlu diketahui oleh guru maupun tenaga manajemen di sekolah bahwa beroperasinya suatu komputer akan melibatkan 3 perangkat atau komponen utama yaitu perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna komputer.

1.Perangkat keras (hardware)

Perangkat keras komputer yaitu perangkat atau komponen komputer yang secara fisik sanggup dilihat dan disentuh. Yang termasuk perangkat ini tidak lain peralatan dari komputer itu sendiri.

CPU (central processing unit), monitor, keyboard, mouse, printer, scanner, dan sebagainya yaitu contoh-contoh perangkat keras komputer.

2.Perangkat lunak (software)

Perangkat lunak komputer yaitu perangkat yang berisi program-program yang terdapat dalam sebuah komputer. Jika komputer tidak mempunyai jadwal komputer (software) maka komputer tidak akan sanggup berjalan.

3.Pengguna komputer (brainware)

Brainware yaitu sumberdaya insan (SDM) yang terlibat dalam mengoperasikan komputer. Pengguna komputer akan menunjukkan kode atau perintah serta mengatur sistem komputer.

Jadi, pengguna komputer atau orang yang memakai komputer termasuk brainware.

Komputer sanggup beroperasi dengan baik dikala ketiga komponen utama ini berjalan bagaimana mestinya. Secara budi komputer hanya mempunyai 3 proses kerja, yaitu input data, pemrosesan data dan output data.
Di antara ketiga proses tersebut kiprah dari hardware menjadi bab utama pembangunan struktur dasar komputer. 

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Mengenal Perangkat Utama Komputer"

Back To Top