Artikel Dunia Pendidikan

Lakukan 5 Tindakan Ini Biar Komputer Kekal Dan Bertahan Lama

Lakukan 5 tindakan ini semoga komputer infinit dan bertahan usang – Anda mempunyai perangkat komputer di rumah atau di kantor? Tentu saja anda tidak mesti sekaligus menjadi teknisi atau montir semoga perangkat multiguna menjadi awet, tahan usang dan berumur panjang. Akan tetapi anda perlu merawatnya dengan baik.

 tindakan ini semoga komputer infinit dan bertahan usang  Lakukan 5 Tindakan Ini Agar Komputer Awet dan Bertahan Lama
Perangkat komputer (pexels.com)

Untuk itu anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat komputer semoga awet, sanggup digunakan dalam jangka waktu yang cukup usang sehingga menghemat pengeluaran.Simak pembahasan ini hingga tuntas.

1.Mengatur sirkulasi udara

Seperangkat komputer terdiri dari 3 cuilan utama, yaitu monitor, CPU (Control Process Unt) dan VPS (Uninteruptible Power Suply). Layar monitor ditaruh lebih tinggi dari CPU dan VPS. Biasanya ditaruh di atas meja khusus atau meja kerja anda. Sedangkan CPU biasanya diletakkan lebih rendah.

Nah, CPU sebaiknya ditaruh tidak terlalu melekat ke dinding tembok. Minimal berikan jarak antara 40 hingga 50 Cm antara body CPU dengan dinding tembok. Hal ini bertujuan untuk melewatkan udara sehingga terjadi sirkulasi udara pada ruang tersebut.

2.Membersihkan CPU secara berkala

Mengingat CPU diletakkan bersahabat lantai atau dinding tembok, besar kemungkinannya cuilan ini cepat berdebu. Langkah bijak yang anda lakukan yakni membersihkan CPU secara berkala, paling tidak sekali dalam 3 bulan.

Membersihkan CPU secara terencana bertujuan untuk menghindari gangguan pada perangkat komputer. CPU yang sudah berdebu dan menumpuk menjadi kotoran debu berdampak terhadap regulator fan sehingga suhu CPU cepat panas. Hal ini juga sanggup menciptakan komputer sering mengalami hang atau lag.

3.Mematikan komputer sesuai prosedur

Kadang-kadang lantaran tergesa-gesa sering mematikan (turn off) komputer degan jalan pintas. Misalnya mencabut plug in CPU dari stop kontak, mematikan UPS. Tindakan ini tidak sesuai untuk mematikan komputer yang sedang menyala.

Jika tindakan ibarat itu sering terjadi akan membahayakan sistem pada CPU dan harddisk komputer sehingga komputer tidak akan bertahan lama.

Agar komputer infinit ikutilah mekanisme mematikan komputer dengan cara kilik kiri ikon Start kemudian klik tombol Turn Off.

4.Mengaktifkan system restore

Cara yang tak kalah penting dalam merawat komputer semoga infinit yakni mengaktifkan system restore komputer. Jika belum aktif silahkan diaktifkan dengan cara klik kanan ikon dekstop, klik properties kemudian tab restore pilih goresan pena “Turn off system restore on all drives”. Hilangkan tanda centang pada goresan pena tersebut.

5.Buang aplikasi yang jarang dipakai

Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya, aplikasi yang terlalu banyak bekerja di komputer akan menimbulkan kinerja harddisk menurun. Hal ini lantaran banyak ruang memori yang terpakai oleh aplikasi sehingga memperberat kinerja harddisk yang berujung pada komputer sering mengalami hang.

Oleh alasannya itu segeralah untuk membuang aplikasi yang tidak pernah atau jarang terpakai pada komputer.
Dengan melaksanakan 5 tindakan sederhana tersebut diperlukan komputer menjadi infinit dan bertahan lama.***

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Lakukan 5 Tindakan Ini Biar Komputer Kekal Dan Bertahan Lama"

Back To Top