Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Makna Tersirat Di Balik Sumpah Pemuda

Makna Tersirat Di Balik Sumpah Pemuda

. Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober tahun 1928 ialah salah satu peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan dari penjajahan ialah harga mati,dimana bangsa ini telah diduduki oleh negara absurd baik belanada maupun jepang hampir 4 kala lamanya. PErjuangan kemeredakaan yang tidak terarah dan cenderung dalam kelompok kelompok kecil telah terbukti tidak berhasil dalam upaya mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Kongres Pemuda II yang didalamnya juga terdapat sumpah cowok ialah sebuah kerikil loncatan yang jauh melampaui zamannya dan bersifat multi dimensi.

 ialah salah satu peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia SangGuru Makna Tersirat Di Balik Sumpah Pemuda

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sumpah pemuda, mari kita memabca ulang tesk dari sumpah pemuda.
  1. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia 
  2. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
  3. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. 

Sekilas Tesk ini tidak lebih dari tiga kalimat yang tidak memiliki makna berarti dan bahkan sudah terlupakan. tapi pada zaman penjajahan dan upaya untuk memerdekan diri, ini ialah tiang utama pergerakan kemerdekaan.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia. Perlawanan rakyat Indoneisa yang pada ketika itu bahkan nama Indoneisa belum dikenal secara luas, telah semenjak pertama kali belanda menginjakkan kakinya di nusantara. Perlawan terjadi hanya bersifat kecil dan untuk kepentingan tempat masing, meskipun perlawana hampir terjadi dibeberpa wilayah akan tetapi terdapat banyak tempat juga yang menunjukkan dukungan kepada pihak belanda yang pada awalnya datang dengan bendera perusahaan VOC. Beberapa tempat yang menang perang tidak memebrikan perlindungan kepada tempat lain alasannya ialah belum adanya koordinasi dan tujuan yang sama. sehingga pasukan belanda yang kalah disatu tempat dapat memulihkan kekuatan dan menyerang kembali tempat yang belum berhasil ditaklukkan. Bahkan Hal Yang paling miris ialah beberapa kerajaan di Indonesia membantu belanda untuk menyerang kerajaan lain. Sebut salah satu referensi Kerjaan Bone, Ambon dan Buton yang bergabung dengan tentara VOC untuk menyerang kerajaan Gowa-Tallo

Sadar akan perlawanan yang sia-sia selama bersifat kedaerahan, kaum intelektual yang pada ketika itu kebanyakan bersekolah di Belanda, beruapaya untuk menyatukan perlawanan untuk satu tujuan yakni Melawan Untuk Tanah Air Indonesia. Meskipun nama Indoneisa belum terang dan bahkan tempat Indonesia belum pernah dicetuskan sebelumnya, Jiwa persatuan muncul dari tujuan yang sama yaitu ingin bebas dari penjajahan Belanda. Beberapa pendapat Sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada juga merupakan satu landasan yang cukup untuk menjadi dasar bersatu akan tetapi pada ketika Timur Leste yang di Jajah oleh Portugis tidak bergabung dalam perjuangan kemerdekaan.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Perjuangan kemerdekaan pasca sumpah cowok memliki arah yang lebih jelas, yakni membentuk sebuah bangsa yang berdaulat, sehingga setiap arah dari perjuangan cowok bangsa lebih terang dan dan dapat dikoordinasi. Daerah yang dianggap kekurangan di beri perlindungan oleh tempat lain dan sistem pertahana dilakukan secara besar meskipun pada ketika itu belum pada skala nasional. Pihak penjajah yang mulai khawatir dengan persatuan pemuda, mulai melaksanakan diskusi dan tidak mampu lagi seenaknya menaklukan daerah-daerah di Indonesia. Terbukti setelah Proklamasi, Belanda yang masih datang untuk merebut beberapa tempat di Indonesia, dipaksa untuk melaksanakan perjanjian. Pernjaian anatar Indoneisa Indonesia dan Belanda ialah kemajuan yang sangat besar alasannya ialah di tinjau dari segi Militer, Belanda jauh lebih maju dan berpengalaman, akan tetapi persatuan dapat mengalahkan faktor keterbatasan Militr Indonesia pada ketika itu.

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Apakah kit asudah menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik? Jik aditengok dari sejarah beberapa bangsa besar di Dunia, Ammerika ialah negara adi kuasa bahkan tidak memiliki bahsa mereka sendiri. ammerika harus menggunakan bahasa yang datang dari eropa yakni Inggris, kalah dengan negara kecil menyerupai German, Perancis, China, Arab, Jepang, China, Korea, Itali dan Bahkan Indonesia yang memiliki bahasa mereka Sendiri. 

Bahasa Indoneisa ialah sesuatu yang "diperjajikan" sebelum kita memilikinya. Bahasa Indonesia disebutkan dalam tesk sumpah cowok dimana Bahasa Indonesia itu sendiri belum eksis. Kebanyakan tempat dinusantara menggunakan bahasa tempat masing-masing, dan beberpa tempat menyerupai di Sumatra menggunakan bahasa Melayu yang merupakan basaha asli pribumi yang tinggal di Nusantara, yang jug atersebar di semenajung asia tanggara, menyerupai Malaysia. Hal ini menujukkan semangat kemerdekaan yang sangat kental dimana para cowok berani mennggunakan bahasa Indonesia yang tidak sama sekali pernah dicatat sebelumnya. Barulah setelah beberapa dekade Indonesia merdeka, dilaksanakan kongres Bahasa Indonesia dilaksakan. 

Tag : Filsafat
0 Komentar untuk "SangGuru Makna Tersirat Di Balik Sumpah Pemuda"

Back To Top