Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi Anderson danKarhtwohl

Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi 

Anderson dan Karhtwohl


. Dimensi pengetahuan pada dasarnya bukan merupakan suatu hal yang gres dalam dunia pendidikan. Karena dimensi pengetahuan ini telah dikembangkan oleh Anderson dan Karthwohl semenjak tahun 2001. Revisi yang dilakukan oleh Anderson dan Kartwohl terhadap taksonomi yang telah dikemukakan oleh Bloom, membagi ranah kognitif menjadi dua dimensi, yakni dimensi proses kognitif dan dimensi kognitif atau pengetahuan. Dimensi pengetahuan ini muncul sebagai cognitive product atau hasil dari proses kognitif. Proses kognitif sendiri berkaitan dengan enam kategori proses (C1-C6), yakni mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan.

Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi SangGuru Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi Anderson danKarhtwohl


Taksonomi ini masih sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, sebab taksonomi ini menjadi salah satu kerangka dasar untuk pengkategorian tujuan-tujuan pendidikan, penyusunan evaluasi pembelajaran dan pengembangan kurikulum. Karena sebagaimana dipahami, apabila memahami hakikat dari belajar maka yang diharapkan yakni adanya perubahan perilaku. Untuk memahami makna perubahan perilaku dalam ranah kognitif ini, pada umumnya masih menggunakan pengkategorian atau taksonomi yang dikembangkan oleh Bloom atau yang telah direvisi oleh Anderson dan Karthwohl. Walaupun pada perkembangannya telah banyak pengkategorian serupa yang telah dikembangkan oleh pakar pendidikan lain. 

Sebagaimana yang telah dikemukakan, bahwa pengkategorian memiliki banyak sekali peranan baik dalam lingkup pembelajaran maupun dalam lingkup pendidikan. Pengkategorian ini menyampaikan sebuah hierarki atau tingkatan, yang berarti bahwa siswa akan bisa berpikir pada tahapan yang tinggi apabila tahapan di bawahnya telah dikuasai. Namun, pada umumnya, penelitian yang dilakukan terkait taksonomi Anderson dan Karthwohl ini cenderung berada pada wilayah dimensi proses kognitif (C1-C6). Sedangkan, dimensi pengetahuan atau produk kognitif ini belum banyak diteliti. Dimensi pengetahuan ini sendiri terbagi menjadi empat kategorial, yakni pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognisi. Berikut ini merupakan pembagian terstruktur mengenai dari dimensi pengetahuan tersebut:

  1. Pengetahuan Faktual
  2. Pengetahuan Konseptual
  3. Pengetahuan Prosedural
  4. Pengetahuan Metakognisi
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "SangGuru Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi Anderson danKarhtwohl"

Back To Top