Artikel Dunia Pendidikan

Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri dan Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri dan Kaidah Kebahasaannya - Masih melanjutkan pembahasan teks, sekarang kita berlanjut kepada pembahasan pengertian teks berita. Pengertian teks info ini termasuk salah satu bahan kelas untuk siswa kelas untuk siswa tingkat SMA. Maka dari itu, kalau kalian ialah siswa SMA, maka penting sekali untuk memahami pengertian pengertian teks berita. Seperti pengertian teks yang lainnya, pengertian teks info ini juga memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

sekarang
Pengertian Teks Berita
Untuk mendukung pemahaman kalian mengenai pengertian teks berita, maka ada baiknya kalian juga memahami juga pengertian teks ulasan atau juga memahami pengertian teks eksplanasi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan pembahasan mengenai pengertian teks berita. Seperti halnya dengan teks yang lain, maka teks info ini juga memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang berbeda dengan lainnya. Simak penjelasan pengertian teks info secara lebih terperinci di bawah ini.

Pengertian Teks Berita

Pengertian teks info adalah, sebuah teks yang memuat segala macam info dan informasi perihal segala sesuatu yang sedang terjadi di dunia. Teks info ini berupa informasi yang ditulis di media cetak, media online, disiarkan di televisi atau juga disiarkan melalui radio. Makara pada dasarnya ialah informasi yang dipublikasikan melalui banyak sekali media publikasi yang ada. Berita yang disampaikan ialah bersifat fakta, namun demikian, tidak semua fakta dijadikan sebuah berita.

Ciri-ciri Teks Berita

Pasti dalam setiap teks memiliki ciri dan aksara tersendiri yang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Untuk teks info sendiri, simak ciri-ciri teks info di bawah ini.

- Berita bersumber dari fakta yang ada
- Berita bukan sebuah opini atau gagasan penulis
- Berita bukan merupakan sesuatu yang biasa terjadi
- Berita bersift konkret dan up to date
- Berita tidak boleh ada rekayasa
- Memberikan informasi waktu dan daerah yang jelas
- Agar lebih menarik, bahasa dalam info menggunakan susunan kalimat yang menarik
- Berita diusahakan menggunakan bahasa baku
- Judul merupakan perwakilan dari isi info keseluruhan
- Tidak boleh menyisipkan opini penulisnya
- Bersifat objektif
- Berita harus ditulis secara runtut
- Berita harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

Struktur Teks Berita

Pada teks info ini, strukturnya ada tiga bab yaitu orientasi berita, peristiwa, dan sumber berita. Dari masing-masing bab tersebut, memiliki porsi dan kedudukan yang sangat signifikan dalam membangun sebuah teks berita. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Orientasi berita

Pada bab ini merupakan pembuka dari teks info itu sendiri. Biasanya membahas apa yang akan diberitakan, baik itu sebuah peristiwa atau sesuatu objek yang lainnya untuk menggiring fokus dari para pembaca berita.

2. Peristiwa

Struktur teks info pada tahapan ini ialah tahap inti dari struktur teks info itu sendiri. Pada tahapan ini, sebuah teks info dinarasikan sedemikian rupa sehingga mampu memunculkan beberapa fakta yang kemudian mampu dinikmati oleh pembaca berita.

3. Sumber berita

Bagian terakhir dari struktur teks info ialah sumber berita. Dalam menyusun sebuah teks berita, tentu diharuskan untuk memberikan juga sumber berita, sumber info mampu dicantumkan di selesai info maupun di tengah berita.

Baca juga :

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Setiap teks pasti memiliki kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan tersendiri. Demikian halnya juga dengan teks info yang juga memiliki teks kebahasaan dan ciri kebahasaan yang tidak sama dengan teks yang lain. Untuk kaidah kebahasaan teks info ialah menyerupai di bawah ini.

- Pada teks info ada keterangan.
- Pada teks info ada verba transitif.
- Pada teks info terdapat verba pewarta.
- Pada teks info terdapat verba intransitif.
- Adanya kalimat majemuk.
- Pada teks info juga ada kalimat eksklusif dan tidak langsung.


Nah kawan-kawan semua, itulah pengertian teks info dan kaidah serta ciri-ciri teks info yang mampu kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga pengertian teks info yang kami sampaikan di atas mampu menambah pemahaman kalian mengenai pengertian teks info itu sendiri. Sehingga dibutuhkan kalian mampu mengerti dan memahami cara menyusun teks info sendiri.
0 Komentar untuk "Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri dan Kaidah Kebahasaannya"

Back To Top