Artikel Dunia Pendidikan

Pengertian, Definisi dan Ciri-ciri Teks Ulasan

Pengertian, Definisi dan Ciri-ciri Teks Ulasan - Materi kelas yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu pengertian teks ulasan. Teks ulasan sendiri yaitu salah satu bahan kelas bahasa Indonesia untuk siswa dan siswi kelas XI pada kurikulum 2013. Jika kalian yaitu siswa atau siswi kelas 11, maka sempurna sekali jikalau Anda membaca artikel mengenai pengertian dan definisi teks ulasan ini. Karena pada kesempatan kali ini insyaalloh akan kami sampaikan secara sederhana dan mudah dipahami apa itu pengertian teks ulasan.

Materi
Pengertian Teks Ulasan

Pengertian dan Definisi Teks Ulasan


Setelah pada kesempatan sebelumnya kami membahas mengenai pengertian teks laporan hasil observasi, kini selanjutnya akan kami bagikan pengertian dan definisi teks ulasan. Pengertian teks ulasan sendiri yaitu sebuah teks yang berisi sebuah ulasan, review atau penilaian terhadap suatu karya, biasanya yang diulas yaitu berupa film atau drama. Siapapun yang membuat teks ulasan ini dibutuhkan mampu bersikap kritis semoga mampu turut serta membantu kemajuan dari karya yang sedang diulas. Dan, lebih luas lagi mampu turut membantu kemajuan dunia perfilman ataupun drama di Indonesia.

Dalam menyusun sebuah teks ulasan, tujuannya selain untuk mengkritisi dan memberi masukan, juga untuk membuat orang lebih tertarik terhadap suatu karya tersebut (film dan drama). Yang paling penting dari menyusun sebuah teks ulasan ini yaitu objektifitas dari penilaian itu sendiri. Jangan hingga sebuah film atau drama dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan dalam penilaiannya. Selain untuk menilai atau mengulas film dan drama, teks ulasan ini juga biasanya mampu juga untuk mengulas sebuah novel atau buku sastra. Untuk teks ulasan yang biasa digunakan untuk mengulas sebuah buku sastra atau novel biasa disebut dengan Resensi.

Sedangkan untuk teks ulasan drama dan atau film, biasanya dinilai dari beberapa sudut pandang. Biasanya dilihat dari tinjauan kekurangan atau kelebihannya dan juga atas kebermanfaatannya atau ketidakbermanfaatannya. Kritikan atau tinjaun teks ulasan tersebut biasanya digolongkan atau bergantung kepada penginderaan dari penulis teks ulasan itu sendiri. Dari sini kemudian akan memunculkan empat macam corak gaya tinjauan yaitu :
  • Corak kritik apresiasi
  • Corak kritik eksposisi
  • Corak kritik evaluasi
  • Corak kritik prevalensi


Ciri-ciri Teks Ulasan

Kemudian yang perlu dipahami dari pengertian teks ulasan ini yaitu ciri-ciri teks ulasan itu sendiri. Karena tentu saja kita pahami semua bahwa setiap teks memiliki ciri-ciri tersendiri yang berbeda dari teks satu dengan teks lainnya. Lalu apa saja ciri-ciri teks ulasan tersebut, simak di bawah ini.
  • Struktur teks ulasan terdiri dari: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman
  • Teks ulasan selalu memuat gosip didasarkan pada pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk yang sedang diulas
  • Opini teks ulasan selalu berdasarkan fakta yang kemudian di-interpretasi-kan
  • Teks ulasan juga disebut dengan istilah lain yaitu resensi
Baca juga :

Nah teman-teman sekalian, itulah pengertian teks ulasan dan juga ciri-ciri teks ulasan yang mampu kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga ulasan mengenai pengertian teks ulasan dan ciri-ciri teks ulasan di atas mampu membantu kalian dalam menyelesaikan tugas-tugas bahasa Indonesia dari guru kalian.

Dan jikalau saja dirasa ada kekurangan dalam gosip terkait pengertian teks ulasan dan ciri-ciri teks ulasan di atas, kami mohon kalian bersedia memperlihatkan koreksi melalui kolom komentar yang sudah disediakan untuk kemudian akan kami lakukan pembenaran.
0 Komentar untuk "Pengertian, Definisi dan Ciri-ciri Teks Ulasan"

Back To Top