Artikel Dunia Pendidikan

Ciri-ciri Cerpen dan Fungsi Cerpen Yang Harus Anda Ketahui

Ciri-ciri Cerpen dan Fungsi Cerpen Yang Harus Anda Ketahui - Seperti kita ketahui bersama bahwa cerpen yaitu salah satu jenis karya sastra yang banyak kita jumpai. Semua orang tentu mampu membuat cerpen untuk mampu dinikmati oleh para penikmat cerpen. Cerpen ini sama halnya dengan karya sastra yang lain tentu memiliki ciri khusus dan karakteristik yang spesifik. Ciri-ciri cerpen ini mampu kita kabarkan untuk kemudian berkhasiat dikala kalian ingin menyusun sebuah cerpen.

ciri
Ciri-ciri Cerpen dan Fungsi Cerpen 
Sampai pada pembahasan ciri-ciri cerpen ini kami anggap kalian sudah memahami pengertian dan definisi cerpen beserta unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Karena pemahaman kalian mengenai pengertian dan definisi cerpen beserta pemahaman unsur-unsur yang terkandung di dalamnya akan semakin memudahkan kalian dalam menyusun cerpen. Baik, kita kembali pada ciri-ciri cerpen, ada beberapa ciri khusus yang perlu kalian pahami terkait dongeng pendek ini, simak di bawah ini untuk penjelasan lebih detailnya.

Ciri ciri Cerpen

- Ciri cerpen terdiri kurang dari 10.000 kata
- Ciri cerpen mampu habis dibaca sekali duduk
- Isi dari dongeng cerpen pada umumnya wacana kehidupan sehari-hari
- Cerpen menggunakan kata yang sederhana dan mudah dipahami
- Cerpen bersifat fiktif
- Cerpen hanya memiliki 1 alur
- Bentuk goresan pena singkat lebih pendek dari pada goresan pena novel
- Penokohan dalam dongeng cerpen sangat sederhana
- Biasanya cerpen hanya mengangkat satu peristiwa saja
- Pesan dan kesan yang disisipkan mampu membuat pembaca mencicipi isi

Fungsi Sastra Cerpen

Dalam setiap karya sastra yang dibuat sebenaranya selalu memiliki nilai fungsi yang beragam dan sangat bermanfaat untuk para penikmatnya. Demikian halnya dengan cerpen, fungsi cerpen juga memiliki beragam manfaat untuk para penikmatnya. Perhatikan beberapa fungsi cerpen di bawah ini untuk penjelasan secara lebih detailnya.

- Fungsi rekreatif, fungsi rekreatif pada cerpen ini yaitu fungsi yang kerap dirasakan oleh para penikmat dan pembacanya. Fungsi cerpen ini yaitu bahwa sebuah cerpen mampu memperlihatkan rasa senang, gembira, serta menghibur para penikmat atau pembacanya.

- Fungsi didaktif, fungsi ini lebih dari sekedar menghibur, namun dengan fungsi ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembacanya. Fungsi deduktif ini yaitu mengarahkan dan mendidik para penikmat atau pembacanya alasannya yaitu nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung didalamnya.

- Fungsi estetis, fungsi selanjutnya yaitu fungsi terkait bersahabat dengan estetika dan keindahan. Fungsi estetis ini yaitu bahwa cerpen mampu memperlihatkan keindahan bagi para penikmat atau para pembacanya.

- Fungsi moralitas, fungsi ini dirasa sangat penting untuk para pembaca dan penikmat cerpen. Fungsi moral pada cerpen yaitu fungsi yang mengandung nilai moral sehingga para penikmat atau pembacanya dapat mengetahui moral yang baik dan tidak baik bagi dirinaya.

- Fungsi relegiusitas, hampir sama dengan fungsi moral, fungsi religiusitas pada cerpen ini juga memiliki kedudukan yang sangat penting untuk para pembaca dan penikmat cerpen. Fungsi religiusitas ini yaitu mengandung aliran agama yang dapat dijadikan rujukan bagi para penikmatnya atau pembacanya.

Baca juga : Struktur Cerpen


Itulah beberapa ciri cerpen dan fungsi cerpen yang mampu kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga sedikit ulasan mengenai ciri cerpen dan fungsi cerpen di atas mampu menambah pemahaman kalian mengenai cerpen. Dan pada akibatnya tentunya cita-cita kami kalian mampu membuat sebuah cerpen yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang sudah ada.
0 Komentar untuk "Ciri-ciri Cerpen dan Fungsi Cerpen Yang Harus Anda Ketahui"

Back To Top