Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Prestasi Belajar

Prestasi Belajar

Belajar merupakan suatu proses. Sebagai suatu proses tentu ada yang diproses (masukan atau input) dan ada pula hasil dari pemrosesan tersebut (keluaran atau output). Setiap hasil atau output yang diperoleh dari hasil belajar  oleh setiap siswa merupakan suatu materi evaluasi bagi guru maupun siswa sebagai tolak ukur kemampuan yang diperoleh siswa dan biasa dikenal dengan prestasi belajar. Menurut kamus besar bahasa indonesia (2007:895), “prestasi yaitu hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya)”.

 Sebagai suatu proses tentu ada yang diproses  SangGuru Prestasi Belajar


Poerwanto dalam Ghullam (2011:83) menawarkan pengertian bahwa “prestasi mencar ilmu yaitu hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usaha mencar ilmu sebagaimana yang dinyatakan dalam rapot”. Pernyataan tersebut diperkuat oleh Winkel dalam Ghullam (2011:83) mengatakan bahwa “prestasi mencar ilmu yaitu suatu bukti keberhasilan mencar ilmu atau kemampuan seseorang siswa dalam melaksanakan kegiatan mencar ilmu sesuai dengan bobot yang dicapainya”. Prestasi mencar ilmu ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007:895) menjelaskan “prestasi mencar ilmu yaitu penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai aksara atau angka yang diberikan oleh guru”.

Umumnya prestasi mencar ilmu siswa dapat dilihat dalam bentuk angka dan digunakan oleh guru sebagai materi evaluasi keberhasilan siswa terhadap proses belajar. Menurut Muhibbinsyah (2010:139) “evaluasi adalah  penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program”. Kata evaluasi yaitu assessment yang menurut Tardif dalam Muhibbinsyah (2010:139) berarti “proses penilaian untuk menggambarkan prestasi yang dicapai seorang siswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan”.

Prestasi mencar ilmu dapat diraih oleh siswa setelah melangsungkan proses pembelajaran, kemudian siswa dapat menguasai pengetahuan keterampilan yang dipelajari. Pretasi mencar ilmu siswa akan terlihat dari sikap dan keterampilan motoriknya. 

Menurut Djamarah dalam Annur (2011:12), “prestasi mencar ilmu yaitu hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang menimbulkan perubahan perilaku dalam diri individu sebagai hasil dari acara belajar”. Prestasi mencar ilmu dapat diperoleh oleh siswa setelah melaksanakan acara belajar, biasanya prestasi mencar ilmu ini dinyatakan dalam bentuk kuantitaif atau angka yang akan dipersiapkan untuk evaluasi dalam raport.

Berdasarkan uraian pendapat para hebat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar yaitu sebuah hasil dari kegiatan proses mencar ilmu yang berupa nilai dalam bentuk angka. Prestasi mencar ilmu ini yaitu sebuah komponen terpenting dalam proses pembelajaran alasannya yaitu dapat dijadikan sebagai materi tolak ukur kemampuan siswa setelah melaksanakan proses belajar.

Sumber: Skripsi Yunita Wulansari (Pendidikan Biologi Univ. Indraprasta PGRI Jakarta)
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "SangGuru Prestasi Belajar"

Back To Top