Artikel Dunia Pendidikan

Problem Pada Harddisk Juga Sebabkan Laptop Jadi Hang

Problem pada harddisk juga sebabkan laptop jadi hang – Sebagai salah satu hardware utama, harddisk sering kali mengalami problem yang sanggup menyebabkan laptop tiba-tiba hang atau lag. Akan tetapi pada umumnya problem pada harddisk berawal dari perawatan yang kurang memadai.

Problem pada harddisk juga sebabkan laptop jadi hang Problem pada Harddisk Juga Sebabkan Laptop Kaprikornus Hang
Ilustrasi laptop hang problem harddisk (pixabay.com)

Ada beberapa problem pada harddisk yang disebabkan oleh kurangya perawatan ibarat serangan virus, kapasitas harddisk, sektor harddisk, usia dan overheat.

Kapasitas harddisk terlalu kecil dan terlalu penuh sering menyebabkan kinerja laptop menurun sehingga berakhir pada hang/lag. Begitu pula serangan virus lantaran terlalu banyak menginstal aplikasi. Tidak terkecuali dengan bad sector pada harddisk dan lantaran faktor usia harddisk.

Untuk mengatasi problem pada harddisk sanggup anda lakuakan;

1.Upgrade kapasitas harddisk menjadi lebih besar
2.Pastikan kipas internal bekerja secara maksimal
3.Upayakan laptop dipakai dalam waktu yang tidak terlalu lama.
4.Sirkulasi udara ketika penggunaan perlu diperhatikan

Yang utama hindari overheat

Pada setiap laptop pastilah sudah disertai dengan sebuah kipas internal. Benda ini difungsikan untuk menjaga suhu pada laptop semoga tidak terlalu panas atau overheat.

Hal ini dikarenakan overheat sanggup mengganggu kinerja dari harddisk, processor, atau Vga card yang mana berimbas pada menurunnya kinerja laptop tersebut sehingga terjadilah hang/‘Lag’.

Oleh lantaran itu pastikan bahwa kinerja dari kipas internal pada laptop anda sanggup berjalan secara maksimal. Pastikan sirkulasi udara sanggup mengalir dengan lancar adalah dengan cara hindari menaruh laptop pada kasur atau bantal. 

Lihat juga: Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya
Pastikan juga areal kipas internal pada laptop anda tidak tersumbat oleh bubuk yang sanggup memperlambat kinerja kipas.***

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Problem Pada Harddisk Juga Sebabkan Laptop Jadi Hang"

Back To Top