Artikel Dunia Pendidikan

Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Dan Sederhana

Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Dan Sederhana - Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dalam pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA, ada bahan kelas mengenai beberapa jenis teks. Ada banyak jenis teks, menyerupai teks laporan observasi, teks ulasan dan satu lagi yaitu teks kisah sejarah. Sesuai dengan nama teks nya, teks kisah sejarah ini tentu saja akan berisi mengenai aneka macam bahasan perihal segala sesuatu yang memiliki perjalanan panjang. Kadang mindset kita ketika berbicara sejarah selalu tertuju kepada zaman kerajaan atau zaman perjuangan. Padahal ada banyak sekali bahasan sejarah yang memungkinkan untuk dibuatkan teks sejarahnya.

Beberapa
Contoh Teks Cerita Sejarah
Untuk kalian yang belum memahami dengan baik pengertian teks kisah sejarah, kalian bisa membacanya di definisi teks kisah sejarah supaya bisa melanjutkan pembahasan ini. Atau kalian juga bisa memahami teks yang lainnya sebagai daya dukung pembelajaran kalian perihal aneka macam macam teks menyerupai halnya pengertian teks laporan hasil observasi misalnya. Sedangkan untuk postingan kali ini, kami akan menunjukkan beberapa pola teks kisah sejarah kepada kalian yang sederhana dan singkat saja. Kenapa demikian, kami berharap, untuk pola teks kisah sejarah yang panjang dan lebih lengkap, kalian bisa membuat dan menulis sendiri. Contoh teks kisah sejarah yang kami sampaikan di sini yaitu pola teks kisah sejarah sederhana yang terpenting sudah memuat semua struktur kebahasaan dalam teks kisah sejarah itu sendiri.

Contoh Teks Ceita Sejarah


1. Contoh Teks Cerita Sejarah "Gempa Bumi Sumatera Barat 30 September 2009"

Orientasi

Provinsi Sumbar atau Sumatera Barat yaitu salah satu provinsi yang berada di antara pertemuan dua lempeng benua besar yaitu lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia dan patahan Semangko. Keadaan gegografis menyerupai ini memang sangat rawan dan memiliki potensi yang sangat tinggi terhadap gempa bumi. Bahkan menurut para andal Sumatera Barat memiliki siklus 200 tahunan gempa besar.

Urutan Peristiwa

Gempa Bumi Sumatera Barat 2009 terjadi dengan besara kekuatan mencapai 7,6 skala richter di lepas pantai. Gempa bumi ini terjadi tepatnya pada pukul 17:16:10 WIB tanggal 30 September 2009 yang berlokasi di lepas pantai dengan jarak sekitar 50 km barat laut kota Padang. Dari data yang diperoleh dari Satkorlak PB, ada sebanyak 1.117 orang tewas. Dari korban ini, yang terbanyak yaitu berasal dari 3 kota dan 4 kabupaten di Sumbar.

Reorientasi

Meski gempa bumi di Sumatera Barat ini sudah lama terjadi, namun gempa tersebut masih menempel besar lengan berkuasa dalam ingatan benak kita. Terlebih lagi bagi saudara-saudara kita yang keluarga dan orang kesayangannya menjadi korban, tentu sangat berat sekali menghilangkan syok tersebut. Untuk kita yang tidak menjadi korban gempa bumi, maka sudah selayaknya kita memahami aksara geografis bumi Indonesia untuk kemudian dijadikan sebagai pelajaran terkait gempa bumi ini.

Baca juga : Pengertian Dan Definisi Teks Ulasan

2. Contoh Teks Cerita Sejarah " Sejarah Internet"

Orientasi

Siapa yang tidak kenal internet, pada zaman modern menyerupai ini, internet merupakan salah satu kebutuhan pokok insan yang harus ada. Internet sendiri merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Dephan Amerika serikat pada tahun 1969. Melalui proyek yang berjulukan ARPA yang diebut ARPANET, mereka mendemonstrasikan bagaimana hadware dan software bisa menjalin komunikasi dengan jarak yang tak terhingga melalui telepon.

Urutan Peristiwa

Pada awalnya, ARPANET ini hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah yang pada tahun 1969 membuat satu jaringan terpadu. Kemudian pada tahun 1972, gres ARPANET diperkenalkan kepada khalayak umum yang kemudian banyak yang tertarik dan ingin bergabung di dalamnya.

Reorientasi

Saat ini, eksistensi jaringan internet sangat penting sekali untuk manusia. Internet bisa digunakan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan dan bahkan juga untuk berbisnis. Bukan saja untuk kalangan orang dewasa, internet kini juga sangat diharapkan oleh kalangan belum dewasa yang masih duduk di kursi sekolah dasar. Mereka sangat membutuhkan informasi, selama memiliki koneksi internet, maka aneka macam macam gosip bisa didapatkan dengan mudah.

3. Contoh Teks Cerita Sejarah "Sejarah Instagram"

Orientasi

Instagram yaitu salah satu dari sekian banyak media umum yang digandrungi warga masyarakat dikala ini. Instagram sendiri yaitu sebuah medsos yang fokus kepada aneka macam gambar foto. Instagram yaitu terdiri dari gabungan dua kata yaitu "insta" yang berasal dari kata instan dan "gram" yang berasal dari kata telegram. Makara Instagram ini yaitu media umum yang biasa digunakan oleh usernya untuk mengembangkan foto.

Urutan Peristiwa

Instagram ini ditemukan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Kevin Systrom dan Mike Krieger yaitu CEO dari Perusahaan Burbn, Inc. yang bangun pada tahun 2010. Dari perushaan inilah kemudian Instagram muncul di tengah masyarakat. Namun kemudian dalam perjalanannya pada tahun 2012 Instagram diumumkan telah diambil alaih atau diakuisisi oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi

Kini, media umum Instagram ini tidak hanya untuk mengembangkan gambar saja. Banyak sekali yang memanfaatkan Instagram untuk bisnis, kampanye dan aneka macam keperluan yang lainnya. Dan bukan gambar saja, Instagram juga sudah bisa untuk mengupload aneka macam macam video.
Artikel lain : Contoh Artikel Pendidikan

Nah teman-teman, itulah beberapa pola teks kisah sejarah yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga pola teks kisah sejarah di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua mengenai teks kisah sejarah dan bagaimana cara menyusunnya.
0 Komentar untuk "Beberapa Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Dan Sederhana"

Back To Top