Artikel Dunia Pendidikan

Upaya Guru Biar Sistem Berguru Siswa Di Rumah Menjadi Efektif

Upaya guru supaya sistem berguru di rumah menjadi efektif – Sistem berguru jarak jauh (BJJ) yang diselengarakan pada siswa memang dalam kondisi ‘terpaksa’ diterapkan. Kebijakan ini menyerupai diketahui memang harus diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19)

Upaya guru supaya sistem berguru di rumah menjadi efektif Upaya Guru Agar Sistem Belajar Siswa di Rumah Menjadi Efektif
Belajar secara online (pexels.com)

Dengan membelajarkan siswa di rumah secara daring, mustahil seefektif berguru tatap muka di ruang kelas. Tentu saja akan sia-sia kiranya, jikalau orangtua siswa maupun pihak terkait, terlalu berharap sistem berguru di rumah akan berjalan sempurna.

Namun demikian, kiprah orangtua sangat penting dalam memfasilitasi anak-anaknya berguru di rumah secara online. Kemudian didukung oleh sistem berguru yang diterapkan oleh guru melalui kemudahan online yang dipilih.

Pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas perihal sistem BJJ akan sanggup berjalan efektif dikarenakan telah ditunjang oleh kemudahan online. Guru pun telah menyiapkan banyak sekali kemudahan sehingga pembelajaran, materi, kiprah dan ulangan, dpat disampaikan secara online melalui kemudahan media menyerupai WhatSapp (WA).
Sebagai prasyarat sistem berguru di rumah yaitu guru memahami bagaimana membuat komunikasi melalui WA. Kemudian menguasai teknik penyampaian bahan pelajaran, kiprah dan evaluasi kepada siswa secara online sehingga pembelajaran tidak terlalu memberatkan siswa di rumah.

Oleh alasannya itu berikut ini penulis ingin memberikan beberapa anjuran alternatif dalam sistem berguru di rumah. Hal ini menurut pengalaman emperis dalam menjalankan pembelajaran daring selama siswa berguru di rumah.

1.Daftar pelajaran kelas

Guru memperlihatkan kiprah menurut kegiatan pelajaran. Namun guru mata pelajaran tidak hanya mengetahui kegiatan mengajarnya sendiri di kelas tertentu. Guru juga mengetahui berapa mata pelajaran dan apa saja mata pelajaran yang tercantum dlam daftar pelajaran suatu kelas.

Tentu saja tujuannya sebagai pertimbangan dalam memperlihatkan kiprah supaya tidak menumpuk kiprah siswa dalam satu hari. Kemudian para guru perlu berkoordinasi dalam memperlihatkan kiprah siswa.

Koordinasi ini juga berkaitan dengan bentuk kiprah yang diberikan kepada siswa. Tujuannya supaya kiprah siswa tidak dalam bentuk sama, tidak bertumpuk dan banyak.

2.Variasi tugas

Pemberian kiprah berguru kepada siswa di rumah, tidak mesti dalam bentuk soal yang harus dikerjakan siswa. Melainkan perlu variasi bentuk kiprah menyerupai menjawab soal, membaca, isyarat supaya siswa melaksanakan sesuatu di rumah dan masih banyak yang lain.

3.Memotivasi siswa

Guru mata pelajaran atau guru kelas memberi kiprah bervariasi sehingga berguru sanggup merangsang semangat berguru dan kecerahan otak siswa untuk belajar. Intinya bagaimana guru membuat suasana berguru daring yang menyenangkan dan siswa merasa tidak terbebani.

4.Interaksi dengan siswa

Hubungan guru dengan siswa selama menerapkan sistem berguru di rumah, tentulah tidak sebatas antara pemberi kiprah dengan yang mengerjaka tugas. Guru juga perlu beraudiensi dengan murid melalui akun WA pribadi, bukan akun WA kelas.
Hal tersebut dilakukan guru untuk membuat interaksi sosial yang sanggup membantu mengatasi problem siswa. Tentu saja, interaksi dengan siswa ini mengurangi kelemahan sistem berguru di rumah dalam aspek interaksi sosial.

0 Komentar untuk "Upaya Guru Biar Sistem Berguru Siswa Di Rumah Menjadi Efektif"

Back To Top