Artikel Dunia Pendidikan

Peran Guru Semakin Penting Dalam Pendidikan Masa Depan

Peran guru semakin penting dalam pendidikan masa depan – Profesi guru akan mengalami peningkatan tugas dalam pendidikan Indonesia di masa depan. Hal ini mengandung makna bahwa tugas dan keberadaan guru dalam pendidikan semakin dibutuhkan.

Peran guru semakin penting dalam pendidikan masa depan Peran Guru Semakin Penting dalam Pendidikan Masa Depan
Peran guru semakin penting (pixabay.com)

Sementara itu perkembangan dan kemajuan teknologi maupun produk teknologi, dipastikan tidak akan sanggup menggantikan keberadaan seorang guru secara utuh dalam dunia pendidikan.

Memang, banyak orang di luar sana yang memperkirakan profesi guru akan punah alasannya yakni tidak dibutuhkan lagi dalam dunia pendidikan di tengah kemajuan era teknologi. Guru diprediksi tidak stabil dan efisien. 

Prediksi tersebut dalam satu unsur pendidikan, yaitu unsur kecerdasan bergotong-royong sanggup diterima. Mengapa tidak?

Unsur kecerdasan yang diharapkan dalam proses pendidikan anak, boleh jadi sanggup digantikan dengan kecerdasan buatan melalui tenaga robot.

Akan tetapi proses pendidikan bersifat unik kalau dibandingkan profesi lainnya. Profesi guru mempunyai unsur penting yang tidak dimiliki oleh robot. Unsur-unsur dan kebutuhan dunia pendidikan hanya dimiliki oleh guru sebagai manusia.

Guru yakni insan dan siswa juga manusia, saling berinteraksi dalam proses berguru dan mengajar di ruang kelas. Dalam interaksi ini dibutuhkan salah satu unsur yang mustahil dimiliki oleh benda mati lainnya, yaitu unsur manusiawi.

Usur manusiawi yang dimiliki insan menyerupai perasaan, cinta, kasih sayang dalam proses pendidikan mustahil digantikan oleh teknologi maupun produk teknologi canggih sekalipun.

Unsur manusiawi inilah yang dimiliki oleh guru dan akan mewarnai proses pendidikan dalam membuat generasi Indoesia ahli dan berkarakter sesuai tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang tercantum dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SPN).

Pendidikan dan tujuan pendidikan

Pendidikan merupakan perjuangan yang dilandasi kesadaran dan terpola untuk membuat proses pembelajaran dan suasana belajar. Proses dan suasana pembelajaran ini dimaksudkan untuk membuatkan segenap potensi diri penerima didik secara aktif.

Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh keterampilan, budpekerti mulia, kecerdasan, kepribadian, pengendalian diri dan kekuatan spiritual keagamaan yang diharapkan diri penerima didik dan masyarakat di lingkungannya.

Sejalan dengan itu, pendidikan nasional Indonesia sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SPN) telah memaparkan perihal pengertian dan tujuan pendidikan nasional Indonesia.

Pendidikan nasional yakni pendidikan yang menurut Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Sedangkan tujuan pendidikan nasional Indonesia yakni untuk membuatkan insan Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam konteks ini, insan yang mempunyai akidah dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mempunyai kebijaksanaan pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan serta mempunyai rasa tanggungjawab untuk berbangsa dan bermasyarakat.

Sementara itu, beberapa tahun silam Komisi Pendidikan Badan UNESCO, tubuh PBB bidang pendidikan, pengetahuan dan kebudayaan telah merekomendasikan pendidikan yang berkelanjutan pada masa ke-21.

Unntuk meningkatkan kualitas sumberdaya insan (human resources) mengacu pada 4 pilar, yaitu berguru untuk mengetahui ( learning to know), Belajar untuk melaksanakan sesuatu (learning to doing), berguru untuk menjadi sesuatu (learning to be) dan berguru untuk hidup bersama (learning to live together).

Keempat pilar pendidikan berkelanjutan di masa ke-21 tersebut menggabungkan tujuan pendidikan dalam aspek kecerdasan intelegensi (Intelegence Quotient), Kecerdasan emosional (Emotional Quotient) dan Kecerdasan spiritual (spiritual Quotient).

Dapat disimpulkan bahwa tugas guru di masa ke-21 dan seterusnya semakin penting dalam proses pendidikan sehingga profesi guru tidak sanggup dihapuskan apalagi digantikan oleh produk teknologi secanggih apapun. 


0 Komentar untuk "Peran Guru Semakin Penting Dalam Pendidikan Masa Depan"

Back To Top