Artikel Dunia Pendidikan

Pemanfaatan Sifat Materi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pemanfaatan sifat materi dalam kehidupan sehari-hari – Pada bab ketiga intisari materi Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup akan dibahas pemanfaatan sifat materi dalam kehidupan sehari-hari. Bahan dimaksud hanya dipilih beberapa rujukan saja dan  dikira dekat kaitannya dengan kelangsungan kehidupan insan sehari-hari.

Pemanfaatan sifat materi dalam kehidupan sehari Pemanfaatan Sifat Bahan dalam Kehidupan Sehari-hari
Salah satu penggunaan materi dalam kehidupan sehari-hari (pixabay.com)

1.Pupuk buatan

Tanaman padi memerlukan zat makanan. Petani perlu memasok zat masakan tersebut  dengan cara memperlihatkan pupuk anorganik. Salah satu rujukan materi pupuk yang dipakai petani yaitu urea dan NPK.

Pupuk urea banyak mengandung unsur nitrogen dalam bentuk ion amonium (NH4+). Sedangkan pupuk NPK mengandung unsur nitrogen (N) posfor (P) dan kalium (K).

2.Fotosintesis

Proses fotosintesis tumbuhan pada zat hijau daun (klorofil) memerlukan gas karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Tumbuhan menyerap sinar matahari sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis yang mengubah CO2 dan H2O menjadi glukjosa (C6H12O6).

Glukosa terdiri dari atom penyusun karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O). Perhatikan atom penyusun glukosa ini, sama dengan atom yang terdapat dalam CO2 dan H2O.

Ini berarti CO2 dan H2O dapat membentuk senyawa gres melalui reaksi kimia fotosintesis dengan sifat kimia dan fisika yang berbeda dengan asalnya, yaitu karbondioksida dan air.

Klorofil yaitu senyawa yang terdapat dlam kloroplas dan tersusun atas beberapa atom ibarat karbon (C), hidrogen (H), Nitrogen (N) dan magnesium (Mg).

3.Intan dan grafit

Intan dan grafit tersusun atas atom yang sama,  yaitu atom karbon (C) namun membentuk struktur dan jenis ikatan yang berbeda.sehingga dihasilkan sifat/karakter berbeda.

4.Plastik

Berdasarkan materi penyusunnya terdapat banyak jenis plastik, misalnya: PETE, HDPE, PVC, LDPE, PP dan FS. Masing-masing jenis plastik ini mempunyai sifat yang berbeda.Sehingga pemanfaatanya perlu diperhatikan jenis plastik tersebut.

5.Logam

Banyak jenis logam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, contohnya baja, stainless steel, galvanum, perunggu dan kuningan.

6.Tulang

Tulang tersusun atas bab yang hidup yaitu sel-sel tulang (osteosit) dan bab tak hidup. Zat organik penyusun tulang yaitu kolagen, protempolisakarid dan glikoamiloglikan. Sedangkan zat anorganik penyusun tulang yaitu senyawa hidroksiapetit.

7.Gigi

Penyusun gigi hamoir sama dengan tulang. Pada gigi terdapat protein yang disebut amelogenin dan enamelin. Selain itu juga terdapat senyawa yang mengandung unsur magnesium (Mg), natrium (Na) dan Fluor (F).

Demikian 7 pemanfaatan sifat materi dalam kehikdupan sehari-hari.

Tag : Materi IPA
0 Komentar untuk "Pemanfaatan Sifat Materi Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Back To Top