Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru Metode Pembelajaran: Metode Diskusi

Metode Pembelajaran: Metode Diskusi

Istilah diskusi di sini berupa suatu konstruk yang oleh penulis diisi pengertian yang sedikit berbeda dengan istilah diskusi dalam kaitannya dengan debat, dan diskusi dalam kaitannya dengan bentuk pembelajaran pada umumnya. Pengertian umum diskusi ialah membicarakan suatu dilema oleh para penerima diskusi dengan tujuan untuk menemukan pemecahan yang paling baik berdasarkan banyak sekali masukan. Sebaliknya, debat ialah pembicaraan wacana suatu dilema dengan tujuan untuk memenangkan atau mempertahankan pendapat yang dimiliki oleh penerima debat. Sangat mungkin, pendapat yang dimenangkan bukan yang terbaik. 

Diskusi sebagai suatu bentuk pembelajaran umum ialah suatu cara pembelajaran di mana penerima didik (murid, mahasiswa) mendiskusikan (membicarakan, mencari tanggapan bersama) dengan cara saling menunjukkan pendapatnya, kemudian disaring untuk ditemukan kesimpulan. Tentu saja persyaratan terjadinya pembelajaran dengan diskusi ialah bahwa bahasa benar-benar sudah sangat dikuasai oleh penerima didik.  Guru tidak lagi menunjukkan perhatian pada bahasa, melainkan pada isi atau bahan diskusi. 

Diskusi ialah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang hasilnya akan menunjukkan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada hasilnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

Macam- macam Diskusi :
  1. Seminar,- Pertemuan para pakar yang berusaha menerima kata sepakat mengenai suatu hal.
  2. Sarasehan/Simposium,- Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para hebat mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
  3. Lokakarya/Sanggar Kerja,- Pertemuan yang membahas suatu karya.
  4. Santiaji,- Pertemuan yang diselenggarakan untuk menunjukkan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan.
  5. Muktamar,- Pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu dilema yang dihadapi bersama.
  6. Konferensi,- Pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu dilema yang dihadapi bersama.
  7. Diskusi Panel,- Diskusi yang dilangsungkan oleh panelis dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator.
  8. Diskusi Kelompok,- Penyelesaian dilema dengan melibat kan kelompok-kelompok kecil.

METODE DISKUSI
Metode diskusi ialah suatu cara mengajar yang dicirikan oleh suatu keterikatan pada suatu topik atau pokok pernyataan atau problem dimana para penerima diskusi dengan jujur berusaha untuk mencapai atau memperoleh suatu keputusan atau pendapat yang disepakati bersama. Diskusi sebagai metode pembelajaran lebih cocok dan diharapkan apabila guru hendak:
  • memanfaatkan banyak sekali kemampuan yang ada pada siswa
  • memberi kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan kemampuannya
  • mendapatkan balikan dari siswa apakah tujuan telah tercapai
  • membantu siswa berguru berpikir secara kritis
  • membantu siswa berguru menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman-teman
  • membantu siswa menyadari dan bisa merumuskan banyak sekali dilema sendiri maupun dari pelajaran sekolah
  • mengembangkan motivasi untuk berguru lebih lanjut.


Adapun acara guru dalam pelaksanaan metode diskusi sebagai berikut:
  1. Guru menetapkan suatu pokok atau problem yang akan didiskusikan atau guru meminta kepada siswa untuk mengemukakan suatu pokok atau problem yang akan didiskusikan.
  2. Guru menjelaskan tujuan diskusi.
  3. Guru menunjukkan ceramah dengan diselingi tanya jawab mengenai bahan pelajaran yang didiskusikan.
  4. Guru mengatur giliran pembicara semoga tidak semua siswa serentak berbicara mengeluarkan pendapat.
  5. Menjaga suasana kelas dan mengatur setiap pembicara semoga seluruh kelas dapat mendengarkan apa yang sedang dikemukakan.
  6. Mengatur giliran berbicara semoga jangan siswa yang berani dan berambisi menonjolkan diri saja yang menggunakan kesempatan untuk mengeluarkan pendapatnya.
  7. Mengatur semoga sifat dan isi pembicaraan tidak menyimpang dari pokok/problem.
  8. Mencatat hal-hal yang menurut pendapat guru harus segera dikoreksi yang memungkinkan siswa tidak menyadari pendapat yang salah.
  9. Selalu berusaha semoga diskusi berlangsung antara siswa dengan siswa.
  10. Bukan lagi menjadi pembicara utama melainkan menjadi pengatur pembicaraan. 

Kegiatan siswa dalam pelaksanaan metode diskusi sebagai berikut:
  1. Menelaah topik/pokok dilema yang diajukan oleh guru atau mengusahakan suatu problem dan topik kepada kelas.
  2. Ikut aktif memikirkan sendiri atau mencatat data dari buku-buku sumber atau sumber pengetahuan lainnya, semoga dapat mengemukakan tanggapan pemecahan problem yang diajukan.
  3. Mengemukakan pendapat baik pemikiran sendiri maupun yang diperoleh setelah membicarakan tolong-menolong sahabat sebangku atau sekelompok.
  4. Mendengar tanggapan reaksi atau tanggapan kelompok lainnya terhadap pendapat yang gres dikemukakan.
  5. Mendengarkan dengan teliti dan mencoba memahami pendapat yang dikemukakan oleh siswa atau kelompok lain.
  6. Menghormati pendapat teman-teman atau kelompok lainnya walau berbeda pendapat.
  7. Mencatat sendiri pokok-pokok pendapat penting yang saling dikemukakan sahabat baik baiklah maupun bertentangan.
  8. Menyusun kesimpulan-kesimpulan diskusi dalam bahasa yang baik dan tepat.
  9. Ikut menjaga dan memelihara ketertiban diskusi.
  10. Tidak bertujuan untuk mencari kemenangan dalam diskusi melainkan berusaha mencari pendapat yang benar yang telah dianalisa dari segala sudut pandang.

Adapun kelebihan metode diskusi sebagai berikut:
  1. Mendidik siswa untuk berguru mengemukakan pikiran atau pendapat.
  2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari banyak sekali sumber data.
  3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama.
  4. Melatih siswa untuk berdiskusi di bawah asuhan guru.
  5. Merangsang siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.
  6. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.
  7. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi terhadap pendapat yang bervariasi atau mungkin bertentangan sama sekali.
  8. Membina siswa untuk berpikir matang-matang sebelum berbicara.
  9. Berdiskusi bukan hanya menuntut pengetahuan, siap dan kefasihan berbicara saja tetapi juga menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.
  10. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu problem akan bertambah luas.

Kelemahan metode diskusi sebagai berikut:
  1. Tidak semua topik dapat dijadikan metode diskusi hanya hal-hal yang bersifat problematis saja yang dapat didiskusikan.
  2. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.
  3. Sulit untuk menentukan batas luas atau kedalaman suatu uraian diskusi.
  4. Biasanya tidak semua siswa berani menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang sebab menunggu siswa mengemukakan pendapat.
  5. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.
  6. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antar kelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.
Tag : Model Metode
0 Komentar untuk "SangGuru Metode Pembelajaran: Metode Diskusi"

Back To Top