Artikel Dunia Pendidikan

Definisi dan Pengertian Pantun Serta Ciri-cirinya

Definisi dan Pengertian Pantun Serta Ciri-cirinya - Selain aneka macam macam teks dan paragraf, bahan pelajaran bahasa Indonesia diantaranya yaitu pantun. Bahkan pantun ini sudah menjadi bahan pelajaran Bahasa Indonesia semenjak Sekolah Dasar. Makara tidak heran kalau semenjak kecil banyak anak di Indonesia yang bakir membuat pantun. Bahkan dalam beberapa budaya daerah, Pantun menjadi salah satu upaca wajib yang harus dilakukan menyerupai pada Budaya Betawi ketika akan melangsungkan pernikahan. Makara tidak heran kalau Pantun mampu juga dikatakan sebagai budaya bangsa yang harus dipertahankan.

Definisi
Definisi dan Pengertian Pantun
Nah, mungkin kita sudah mengerti dan sering mendengar beragam pantun yang ada, namun belum memahami definisi dan pengertian pantun. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan infoguruterbaru ulas mengenai definisi dan pengertian pantun bagi teman-teman yang belum memahami pengertian pantun dengan baik dan benar.

Definisi dan Pengertian Pantun

Secara umum, pengertian pantun yaitu salah satu dari bentuk puisi lama yang terdiri dari empat larik yang berima silang (a-b-a-b). Pantun juga memiliki irama yang inda serta di dalam pantun terkandung sebuah makna yang sangat dalam dan penting. Pentun sendiri ada beberapa hebat yang menyebutkan bahwa asalnya dari bahasa Jawa kuno yaitu "tuntun" yang memiliki arti mengatur dan menyusun. Pantun juga merupakan salah satu jenis puisi lama melayu Indonesia yang sudah ada semenjak lama. Pada awalnya, pantun yaitu karya sastra Indonesia yang pengungkapannya hanya melalui lisan. Namun seiring perkembangan jaman, pantun dikala ini juga banyak disampaikan melalui aneka macam tulisan.

Baca juga :

Isi pantun sendiri mampu beragam, sekali waktu pantun mampu dugunakan untuk menghibur, sekali waktu pantun juga bis digunakan untuk menegur dan menyindir. Pantun mampu juga dikatakan sebagai ungkapan perasaan melalui pikiran yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi untaian kata yang sangat menarik dan indah. Pantun ini juga mampu berperan sebagai ciri khas bangsa Indonesia dalam mendidik dan memberikan aneka macam hal yang bermanfaat melalui kata-kata cantik dan menawan.

Ciri-Ciri Pantun

Sebagai salah satu jenis karya sastra asli Indonesia, pantun juga memiliki beragam ciri yang mampu kita gunakan sebagai penanda. Ciri-ciri pantun diantaranya yaitu menyerupai berikut.

- Pantun mempunyai bait,
- Setiap bait pantun disusun oleh baris-baris.
- Satu bait pantun terdiri dari 4 baris.
- Setiap baris pantun terdiri dari 8-12 suku kata.
- Setiap baris pantun terdiri dari 4-6 kata
- Setiap bait pantun terdiri dari sampiran dan isi.
- Baris pertama dan kedua pada pantun merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi.
- Pantun memiliki sajak a-b-a-b atau a-a-a-a- (tidak boleh a-a-b-b atau sajak lain).

Ciri-Ciri Pantun Menurut Abdul Rani (2006:23)

- Pantun terdiri dari empat baris
- Tiap baris pada pantun terdiri dari 9-10 kata
- Dua baris pertama pada pantun disebut sampiran
- Dua baris terakhir pada pantun berisi apa maksud si pemantun yang mana di bab ini disebut isi pantun.

Syarat-Syarat Pantun

Tidak sembarang goresan pena kemudian mampu disebut sebagai pantun. Ada syarat-syarat tertentu untuk sebuah goresan pena mampu dikatakan sebagai pantun. Syarat-syarat tersebut yaitu menyerupai berikut ini.

- Satu bait pantun terdiri dari 4 baris
- Baris ke -1 dan ke-2 yaitu sampiran
- Baris ke-3 dan ke-4 yaitu isi pantun
- Satu baris pantun terdiri dari 8-12 suku kata
- Pantun bersajak a-b-a-b

Artikel lain :


Nah teman-teman semua, itulah sedikit ulasan yang mampu infoguruterbaru sampaiakn kepada teman-teman mengenai Definisi dan Pengertian Pantun Serta Ciri-cirinya. Semoga sedikit informasi mengenai Definisi dan Pengertian Pantun Serta Ciri-cirinya di atas mampu menambah pemahaman kita semua mengenai definisi dan pengertian pantun.
0 Komentar untuk "Definisi dan Pengertian Pantun Serta Ciri-cirinya"

Back To Top