Artikel Dunia Pendidikan

Definisi dan Pengertian Pantun Berdasar Jenis-Jenis Pantun

Definisi dan Pengertian Pantun Berdasar Jenis-Jenis Pantun - Pantun ialah salah satu khazanah kekayaan sastra Indonesia yang harus kita lestarikan. Pantun selain termasuk salah satu karya sastra juga merupakan budaya asli Indonesia yang sangat membanggakan. Pantun juga termasuk salah satu jenis karya sastra lama yang masih lestari hingga ketika ini. Pantun sendiri ternyata memiliki beberapa jenis yang hal ini menunjukkan betapa kayanya Indonesia akan budaya tradisional. Beragam pantun yang ada ini, tergantung akan tema dan pesan yang disampaikan sehingga memiliki pengertian pantun yang berbeda-beda tentunya.

Definisi
Definisi dan Pengertian Pantun Berdasar Jenis-Jenis Pantun

Setelah beberapa waktu yang lalu kami sampaikan definisi dan pengertian pantun secara umum, maka sekarang akan kami sampaikan jenis-jenis pantun dan pengertiannya sesuai dengan jenisnya. Karena ternyata jenis-jenis pantun yang banyak ini juga memiliki pengertian pantun yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Untuk itu, untuk klebih memahami dan mengerti pengertian pantun yang sesuai dengan jenisnya, perhatikan penjelasan di bawah ini. Beberapa waktu yang lalu sudah kami sampaikan sebagian dari beberapa jenis pantun dan pengertiannya, untuk kali ini ialah kelanjutan yang kemarin.

Definisi dan Pengertian Pantun Beserta Jenisnya

1. Pantun Jenaka

Jenis pantun ini ialah salah satu jenis pantun yang mampu menunjukkan hiburan kepada orang lain. Selain itu, jenis pantun ini juga termasuk jenis pantun yang paling banyak dijumpai dalam banyak sekali acara. Acara watak menyerupai ijab kabul watak Betawi, selalu menggunakan pantun menyerupai ini. Pantun jenaka memang memiliki tujuan untuk menghibur para pendengarnya.

2. Pantun Dagang

Pantun dagang ialah jenis pantun yang mengisahkan suatu nasib atau cerita seseorang. Pantun dagang ini pada umumnya dilantunkan oleh mereka yang sedang berada di perantauan. Atau juga sering dipantunkan bagi mereka yang memiliki nasib kurang beruntung menyerupai orang lain.

3. Pantun Kepahlawanan

Pantun kepahlawanan ini ialah jenis pantun yang berisikan wacana perjuangan dari seorang pahlawan. Biasanya berisikan wacana sifat heroik, perjuangan dan semangat para pahlawan dalam memperjuangkan sebuah tujuan.

4. Pantun Suka Cita

Pantun suka cita ialah jenis pantun yang memberikan kesuka citaan dan kesenangan. Pantun ini akan mengabarkan sebuah kegembiraan baik dari pndengar maupun kegembiraan dari pembaca. Untuk isi, jenis pantun ini akan diubahsuaikan dengan tema atau topik yang sedang dibicarakan menyerupai misalnya wacana pernikahan, maka pantun suka cita akan menggambarkan wacana suka cita dari kedua mempelai.

5. Pantun Duka Cita

Berlawanan dengan pantun suka cita, pantun sedih cita ini ialah jenis pantun yang memberikan kabar sedih kepada para pendengarnya. Isi dari pantun sedih cita tentu berisikan dengan hal-hal yang menyedihkan menyerupai misalnya, putus cinta, simpulan hidup dan banyak sekali hal sedih lainnya.

6. Pantun Beriba Hati

Pantun ini hampir sama dengan jenis pantun sedih cita, yaitu membahas mengenai kesedihan. Namun perbedaan pantun beriba hati dan pantun sedih cita adalah, jenis pantun beriba hati ini sering atau hanya digunakan oleh mereka yang sudah dewasa.

7. Pantun Berceraian

Jenis pantun ini ialah jenis pantun yang mengisahkan wacana perpisahan. Maka dari itu, suasana yang dimunculkan dalam pantun ini ialah suasana kesedihan yang sangat mendalam.

Baca juga :


Nah teman-teman, itulah beberapa jenis pantun dan pengertian pantun sesuai jenisnya yang mampu kami sampaikan untuk teman-teman semua. Semoga saja sedikit uraian mengenai jenis pantun dan pengertian pantun sesuai jenisnya di atas mampu menambah pengertian dan pemahaman kita wacana definisi dan pengertian pantun seutuhnya.
0 Komentar untuk "Definisi dan Pengertian Pantun Berdasar Jenis-Jenis Pantun"

Back To Top