Artikel Dunia Pendidikan

Contoh Asesmen Kompetensi Siswa Mengolah Data Narasi Menjadi Data Tabel

Contoh asesmen kompetensi siswa mengolah data narasi menjadi data tabel – Data yang tersaji dalam bentuk narasi maupun deskipsi sanggup diubah dalam bentuk tabel sehingga gampang dibaca dan dipahami. Sebaliknya, data yang tersaji dalam bentuk tabel sanggup dibentuk dalam narasi maupun deskripsi.

Untuk melaksanakan hal tersebut seseorang perlu membaca dan memahami data yang tersaji dalam bentuk narasi. Kemudian merangkumnya menjadi sajian sebuah tabel.  

Sebagai contoh, disajikan data narasi wacana prestasi seorang siswa dalam mengikuti lomba bidang studi IPS di aneka macam ajang lomba yang diselenggarakan sekolah dan akan diolah menjadi sajian dalam bentuk tabel data.

Prestasi Muhammad Fadhlan Hakim, siswa SMPN 5 Batusangkar Kab.Tanah Datar seakan ‘jungkir balik’ selama keikutsertaaanya dalam lomba Bidang Studi IPS tingkat Sumbar yang digelar dalam aneka macam ajang di sekolah selama 2 tahun pelajaran, yaitu 2018/2019 dan 2019/2020.
Di Perguruan Ar-Risalah Padang, M.Fadhlan Hakim hanya bisa menjadi finalis pada tahun pelajaran 2019/2020. Tahun pelajaran sebelumnya ia gagal total. Tidak jauh beda dengan ajang Smanten Tenlicious yang digelar SMAN 10 Padang, hanya bisa hingga tamat selama dua tahun pelajaran berturut-turut. 
Fakta ini menunjukan bahwa M.Fadhlan Hakim diprediksi mengalami kesulitan meraih hasil yang terbaik dalam lomba Bidang Studi IPS yang digelar di Kota Padang. 
Berbeda dengan ajang CSC yang diselenggarakan oleh MAN IC Padang Pariaman. Pada tahun pelajaran 2018/2019 kemudian M.Fadhlan Hakim berhasil menjadi Juara I. Namun tahun pelajaran 2019/20 ini justru ia gagal total.
Selanjutnya dalam ajang Batik Biru (SMAN 1 Padang Panjang), ia tidak ikut pada tahun pelajaran sebelumnya dan tahun pelajaran ini ia hanya sebagai finalis. Sementara itu pada ajang Smantriscio (SMAN 3 Batusangkar) gagal tahun pelajaran kemudian namun tahun pelajaran 2019/2020 ini meraih Juara III.
Berikutnya ajang Gomfib (SMAN 1 Bukittinggi) dan ISAC (MAN Koto Baru). Pada tahun pelajaran 2018/2019 tidak mengikutinya. Namun tahun pelajaran 2019/2020 ini M.Fadhlan Hakim meraih hasil gemilang, masing-masing Juara I ajang Gomfib dan Juara III pada ajang ISAC.
Di SMAN 1 Sumatera Barat dalam ajang SCOD, M.Fadhlan Hakim gagal pada tahun sebelumnya dan keluar sebagi Juara Harapan II pada tahun 2019/2020 ini.
Lomba di MAN 1 Bukittinggi dalam ajang COSINUS tidak ikut pada tahun pelajaran sebelumnya namun tahun pelajaran ini justru meraih Juara I. Begitu pula di SMAN 2 Sumatera Barat dalam ajang SACTI, tidak ikut tahun sebelumnya dan meraih Juara II tahun pelajaran 2019/2020 ini.
Hal kasatmata juga diraih M. Fadhlan Hakim pada ajang Spensaba yang digelar SMPN 1 Banuhampu, dimana pada tahun pelajaran 2018/2019 hanya sebagai finalis dan tahun pelajaran 2019/2020 keluar sebagai Juara Harapan II.
Dua ajang lomba yang belum digelar pada tahun pelajaran 2019/2020 ini yaitu Student Talent Contes (MAN 2 Batusangkar) dan Gebyar ICBS (ICBS Payakumbuh). Pada tahun lalu, M.Fadhlan Hakim Juara I pada Student Talent Contes dan gagal pada ajang Gebyar ICBS.
Informasi data dalam bentuk narasi tersebut di atas sanggup diubah menjadi data dalam bentuk table. Seperti pola berikut ini

Contoh asesmen kompetensi siswa mengolah data narasi menjadi data tabel Contoh Asesmen Kompetensi Siswa Mengolah Data Narasi Menjadi Data Tabel
Tabel data hasil pengolahan data narasi yang disediakan sebagai pola dalam asesmen kompetensi siswa (Data: matrapendidikan.com)

Demikianlah sekadar pola Assesmen Kompetensi siswa dalam mengolah data narasi menajdi data dalam bentuk tabel. Semoga bermanfaat.

Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Contoh Asesmen Kompetensi Siswa Mengolah Data Narasi Menjadi Data Tabel"

Back To Top