Artikel Dunia Pendidikan

Peranan Proses Fotosintesis Pada Flora Hijau Daun

Peranan proses fotosintesis pada flora hijau daun – Selama ini proses fotosintesis sudah lazim dikenal terjadi pada flora hijau daun yang ada di daratan. Namun pada ganggang dan sebagian jamur ternyata juga melangsungkan proses fotosintesis untuk kelangsungan hidupnya.

Peranan proses fotosintesis pada flora hijau daun Peranan Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau Daun
Ilustrasi flora hijau daun (pexels.com)

Fotosintesis pada flora hijau berperan penting dalam kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya. Peranan fotosintesis pada flora adalah:

1.Dapat memasak masakan sendiri
Keunikan fotosintesis pada flora terlihat dari tugas penting flora hijau dalam dalam menghasilkan zat makanan. Selain sanggup menghasilkan zat masakan sendiri (fotoautotrof) juga untuk kelangsungan makhluk hidup lain menyerupai insan dan hewan.

2.Menjaga keseimbangan gas di alam
Fotosintesis memerlukan gas karbondioksida (CO) di alam terbuka dan menghasilkan gas oksigen (O) yang berkhasiat bagi insan dan hewan.

Proses fotosintesis
Proses fotosintesis pada flora hijau pada hakikatnya yakni reaksi kimia untuk mengubah gas karbondioksida dan air menjadi senyawa organik.dengan sumbangan sinar matahari. Sinar matahari berperan untuk memperoleh energi bagi berlangsungnya reaksi kimia fotosintesis.

Reaksi kimia dalam rangkaian proses fotosintesis sanggup ditulis menyerupai berikut ini!
6CO + 6HO + Cahaya Matahari ----> CH₁₂O + 6O
Dimana: CO = karbon dioksida,  HO = air, CH₁₂O = glukosa dan O = oksigen

Proses pengubahan karbondioksida disebut juga fiksasi karbon sebab sanggup menghasilkan senyawa karbon yang menyimpan energi kimia, terutama dipakai untuk perkembangan sel.

Proses fotosintesis sanggup dijelaskan sebagai berikut!
1.Gas karbondioksida (CO2) diserap oleh daun flora melalui verbal daun (stomata)
2.Senyawa air berasal dari tanah melalui akar dan batang flora dan hingga ke daun.
3. Zat hijau daun (klorofil) menangkap energi dari cahaya matahari.
4.Energi kimia dari sinar matahari mengubah air (H2O) menjadi hidrogen (H2) dan Oksigen (O2).
5.Hidrogen dan karbondioksida bergabung menghasilkan masakan bagi flora tersebut sedangkan oksigen dikeluarkan oleh flora melalui stomata.

Fotosintesis termasuk proses kimia yang menghasilkan zat baru. Terbentuk senyawa gres hasil fotosintesis dengan sifat kimia baru, berubah dengan zat asalnya. Hal ini terlihat dari terbentuknya glukosa (C6H12O6).

Glukosa yang terbentuk berupa kristal dengan rasa anggun memiliki sifat kimia dan sifat fisika yang berbeda dengan zat pembentuknya, yaitu gas karbondioksida dan air.

Molekul glukosa terdiri dari atom-atom penyusun karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O). Ternyata atom-atom tersebut sama menyerupai atom dalam molekul karbondioksida (CO2) dan Air (H2O).

Tag : Materi IPA
0 Komentar untuk "Peranan Proses Fotosintesis Pada Flora Hijau Daun"

Back To Top