Artikel Dunia Pendidikan

Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya

Kenapa laptop hang, Ini salah satu penyebabnya – Saat digunakan, tidak jarang laptop anda ngadat alias hang mendadak, dan ini niscaya menciptakan anda jengkel sendiri. Mau murka pada laptop? Tidak mungkin. Mendingan cari tahu kenapa laptop sering mengalami hang.

 tidak jarang laptop anda ngadat alias hang mendadak Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya
Ilustrasi laptop (pixabay.com)

Banyak  penyebab laptop hang atau lag. Namun salah satu yang lebih sering penyebabnya ialah kapasitas memori yang kecil.

Laptop mempunyai komponen RAM yang berfungsi sebagai otak penyimpan memori yang menunjang kinerja operasi laptop. Kapasitas RAM yang kecil dengan banyaknya file tersimpan atau aplikasi terinstal memungkinkan laptop akan sering mengalami hang. 

Jika memang kapasitas memori laptop kecil, anda perlu menyidik kembali file yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Mungkin beberapa file video misalnya, yang anda simpan di laptop memberatkan kinerja laptop. Hapus file video yang memberatkan laptop anda.

Bila anda enggan membuang file video lantaran anggun berdasarkan anda, tentu anda perlu menyidik aplikasi yang terinstal di laptop. Setiap aplikasi akan membutuhkan kapasitas memori yang besar sehingga memberatkan kerja laptop.

Beberapa aplikasi mungkin perlu anda  uninstal. Lakukan hal ini pada aplikasi yang jarang dipakai atau tidak berkhasiat bagi anda. Sebaliknya gunakan aplikasi yang benar-benar sangat diharapkan atau sering dipakai untuk keperluan dan penunjang kelancaran kiprah anda.

Jika sayang untuk meng-uninstal aplikasi yang sudah ada pada laptop, tentunya lebih anggun jikalau anda mempunyai finansial cukup lalu mengupgrade RAM dengan kapasitas yang lebih besar.
Demikianlah salah satu penyebab laptop sering mengalami hang dan cara mengatasinya.

Tag : TIK
0 Komentar untuk "Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya"

Back To Top