Artikel Dunia Pendidikan

Cara Dan Langkah Gampang Membersihkan Mainboard Komputer

Cara dan langkah gampang membersihkan mainboard komputer – Sampai ketika ini masih banyak orang yang memakai komputer langsung (personal computer) di samping perangkat portabel lainnya menyerupai laptop dan notebook. Perangkat komputer memang tidak bersifat portable sehingga ditaruh di ruang khusus di rumah.

Cara dan langkah gampang membersihkan mainboard komputer  Cara dan Langkah Praktis Membersihkan Mainboard Komputer
Mainboard komputer (foto: matrapendidikan.com)

Oleh alasannya yaitu komputer langsung (kompi) bersifat statis, tidak sanggup dibawa kemana-mana, besar kemungkinanya menjadi kotor oleh debu. Debu yang melekat di perangkat komputer dihentikan dibiarkan alasannya yaitu akan merusak komponen-komponen komputer terutama sekali cuilan dalam komputer.

Debu yang melekat pada cuilan hardware fan processor semakin banyak mempengaruhi putaran fan menjadi tidak stabil sehingga processor komputer akan cepat panas. Ini akan menciptakan komputer menjadi hang atau lag.
Meskipun seorang pengguna komputer masih awam dengan perangkat komputer, bukan tidak mungkin untuk sanggup membersihkannya sendiri tanpa harus membawanya ke kawasan service komputer. 

Misalnya membersihkan cuilan komponen mainboard atau motherboard komputer. Bagaimana cara gampang membersihkan mainboard komputer? Berikut langkah gampang memebersihhkan mainboard komputer.
1.Sediakan peralatan menyerupai obeng, karet penghapus dan kuas halus. Dengan peralatan ini pengguna sanggup membersihkan cuilan fan processor, RAM dan komponen pada mainboard lainnya menyerupai kapasitor, transistor dan regulator.

2.Lepaskan semua sochet pada mainboard dengan hati-hati menyerupai sochet power, pael mainbard, RAM, card pada slot, kabel IDDE (penghubung harddisk dan CD-ROM) dan cuilan fan processor. Sebagai catatan, pengguna harus mengingat bagaimana dan dimana posisi pemasangan komponen-komponen sebelum dilepaskan.

3.Bersihkan semua bubuk yang melekat pada permukaan mainboard dengan memakai kuas halus

4.Bagian RAM yang sudah dilepaskan dibersihkan dengan karet penghapus dari ujung ke ujung konektor pada RAM. Lakukan dengan hati-hati dan lalu bersihkan kembali dengan kuas halus.

5.Jika dirasa sudah higienis pasang kembali semua komponen yang dilepaskan ke dalam casing komputer.
Nah, demikianlah cara dan langkah gampang membersihkan sendiri komponen mainboard komputer pribadi. Praktis bukan?


Tag : TIK
0 Komentar untuk "Cara Dan Langkah Gampang Membersihkan Mainboard Komputer"

Back To Top