Artikel Dunia Pendidikan

SangGuru TUGAS LOGIKA BAGI MANUSIA

TUGAS LOGIKA BAGI MANUSIA

- Setiap orang pasti selalu melaksanakan kegiatan berfiikir, entah apa yang sedang dipikirkan pasti setiap hari seseorang tidak akan pernah lepas dari hal berpikir.  Berpikir banyak jenisnya, ada yang berpikir sederhana hingga pada berpikir dalam hal yang rumit. Sering kali orang salah dalam berpikir, bukan berarti ia kolot atau tidak berilmu. Kesalahan dalam melaksanakan proses berpikir lebih berdasar pada kesalahan dalam melaksanakan aturan berpikir. 

Ada kalanya seseorang mengetahui beberapa aturan yang digunakan dalam proses berpikir. Ada yang bilang bahwa aturan dalam berpikir ini ternyata tidak boleh dilanggar. Mencari tau aturan dalam berpikir merupakan sebuah peran ilmiah bagi setiap individu yang nantinya dapat digunakan untuk memecahkan setiap problem yang sedang dialami.  Karena pentingnya sebuah aturan dalam berpikir, banyak para mahir mencari tahu mengenai aturan dalam berpikir. hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para mahir merupakan episode dari filsafat dan disebut dengan orang yang berlogika. Tugas kecerdikan pada dasarnya yaitu untuk memperlihatkan penerangan bagaimana seharusnya orang berpikir. 

Tugas kecerdikan bukanlah untuk menyelidiki bahasa semata, meskipun bersahabat hubungannya kecerdikan dengan bahasa, karena bahasa yaitu pencerminan alat berpikir.  Jadi peran kecerdikan bagi insan yaitu untuk meneropong dan mencoba memberi penerangan biar orang dapat berpikir sebagaimana mestinya orang berpikir secara lurus (benar). Akan tetapi peran kecerdikan juga bukan untuk menelaah kebenaran, alasannya peran untuk menelaah kebenaran yaitu peran dari episode filsafat yang lain.



Logika dan Ilmu Pengetahuan

Ilmu merupakan sebuah susunan pengetahuan yang secara sistematis mempersoalkan episode tertentu dari alam semesta. Perbandingannya dengan pengetahuan, ilmu mengandung sifat-sifat
  • Ilmu mempersoalkan episode alam tertentu dan mengandakan penyelidikan dalam batas kawasan itu saja, sedangkan orang mampu tertarik dalam semua bidang pengetahuan.
  • Ilmu bersifat sistematis, sebuah satu kesatuan, tersusun dan bersifat umum, sedangkan pengetahuan merupakan campuran kenyataan-kenyataan yang terpisah-pisah dan merupakan fakta khusus yang tidak ada hubungannya sama sekali.
  • Ilmu mempergunakan banyak sekali cara dan alat untuk memperoleh pengetahuan yang benar dan tepat. Sedangkan pengetahuan bergantung kepada pengamatan yang tidak metodis.

Makara bekerjsama ilmu dan pengetahuan tidaklah berbeda dalam hal jenisnya. Melainkan perbedaan berada dalam tarafnya. Ilmu lebih dikhususkan, lebih tersusun baik dan lebih sempurna daripada pengetahuan. 

Hubungannya kecerdikan dengan ilmu, apakah kecerdikan itu yaitu sebuah ilmu? Logika merupakan suatu ilmu yang mempersoalkan fatwa dan beberapa proses pembantunya. Dengan cara yang metodis dan sistematis, ilmu ini mempelajari syarat-syarat yang mesti dipenuhi biar fatwa itu mampu benar dan kesalahan-kesalahan yang ada dapat ditemukan dan dihindari serta dicari jawabannya. Itulah sebabnya mengapa cara berpikir logis jauh lebih baik daripada berpikir secara biasa, karena berpikir secara logis lebih sistematis dan lebih tepat.
Tag : Filsafat
0 Komentar untuk "SangGuru TUGAS LOGIKA BAGI MANUSIA"

Back To Top