Artikel Dunia Pendidikan

Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya - Masih melanjutkan pembahasan teks, sekarang kita berlanjut kepada pembahasan pengertian teks prosedur komppleks. Teks prosedur kompleks ini termasuk salah satu materi kelas untuk siswa kelas X SMA. Maka dari itu, bila kalian ialah siswa kelas X SMA, maka penting sekali untuk memahami pengertian teks prosedur kompleks. Seperti pengertian teks yang lainnya, pengertian teks prosedur kompleks ini juga memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

sekarang
Pengertian Teks Prosedur Kompleks
Untuk mendukung pemahaman kalian mengenai pengertian teks prosedur kompleks, maka ada baiknya kalian juga memahami juga pengertian teks ulasan atau juga memahami pengertian teks eksplanasi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan pembahasan mengenai pengertian teks prosedur kompleks. Seperti halnya dengan teks yang lain, maka teks prosedur kompleks ini juga memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang berbeda dengan lainnya. Simak penjelasan pengertian teks prosedur kompleks secara lebih terperinci di bawah ini.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks


Pengertian teks prosedur kompleks sebelum kita jabarkan secara lebih jauh, kita pahami terlebih dahulu prosedur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prosedur ialah tahapan dari sebuah kegiatan dalam menyelesaikan suatu aktivitas. Dari sini mampu kita pahami bahwa pengertian dari teks prosedur kompleks ialah sebuah teks yang bertujuan untuk memberi tahu pembaca wacana bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian langkah atau sebuah tindakan. Urutan dalam sebuah teks prosedur kompleks ini disajikan secara berurutan sesuai dengan peristiwa yang logis.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam membuat teks, tentu kita juga harus mampu memahami terlebih dahlu struktur teks tersebut. Karena dari masing-masing teks yang ada, strukturnya tentu berbeda-beda. Maka dari itu, sangat perlu untuk mengetahui dengan terperinci struktur sebuah teks yang berfungsi sebagai kerangaka membangun teks itu sendiri. Struktur teks prosedur sendiri terbangun dari tiga bab utama yaitu, bab tujuan, bab material, yang kemudian diikuti oleh bab langkah-langkah. Perhatikan penjelasan di bawah ini untuk detailnya.

1. Bagian Tujuan

Bagian tujuan ini mampu dikatakan sebagai dasara dari kerangka dari struktur teks prosedur kompleks itu sendiri. Pada bab ini berisi mengenai tujuan dari teks prosedur kompleks itu dibuat. Atau sebuah hasil simpulan dari teks prosedur kompleks yang akan dicapai.

2. Bagian Material

Pada bab ke dua ini berisi berita wacana alat atau materi yang dibutuhkan. Namun perlu kalian pahami, bahwa tidak semua teks prosedur kompleks terdapat bab ini.

3. Bagian Langkah-langkah

Pada bab simpulan dari struktur teks prosedur kompleks ialah bab langkah-langkah. Pada bab ini pada umumnya berisi wacana cara-cara yang ditempuh untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pada bab ini, kalian tidak mampu atau tidak boleh merubah susunan dan urutannya alasannya ialah akan kuat secara signifikan terhadap hasil dan tujuan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan teks prosedur kompleks berbeda dengan ciri-ciri teks yang lain. Teks prosedur kompleks memiliki karakteristik yang tidak sama dalam penggunaan kalimat dan frasanya. Di bawah ini ialah kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks.

- Banyak terdapat konjungsi
- Terdapat kalimat perintah
- Terdapat kata kerja imperatif
- Verba material dan tingkah laku
- Partisipan manusia

Artikel lain :

Nah, itulah pengertian teks prosedur kompleks dan sekaligus struktur teks prosedur kompleks beserta kaidah kebahasaannya. Semoga penjelasan mengenai pengertian teks prosedur kompleks dan sekaligus struktur teks prosedur kompleks beserta kaidah kebahasaannya di atas mampu menambah pemahaman kalian mengenai pengertian dan definisi teks prosedur kompleks. 
0 Komentar untuk "Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya"

Back To Top