Artikel Dunia Pendidikan

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Ciri-ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Ciri-ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya - Masih berkutat dengan pemahaman banyak sekali macam jenis teks. Karena jenis teks yang menjadi pembahasan dalam bahan kelas untuk siswa dan siswi tingkat SMU yakni ada lumayan banyak. Maka kita akan mencoba membahas satu persatu masing-masing jenis teks yang ada tersebut. Dan, pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas secara sederhana dan mudah dipahami mengenai pengertian teks eksplanasi. Bukan pengertiannya saja, kita juga akan memberikan struktur teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi dan juga kaidah kebahasaannya juga.

Masih
Pengertian Teks Eksplanasi
Sebelum kita lebih jauh mengenai pengertian teks eksplanasi, untuk beberapa pengertian teks yang lain sudah kami bahas sebelumnya. Untuk melengkapi pemahaman kalian mengenai pengertian teks eksplanasi, kalian juga mampu membaca terlebih dahulu mengenai pengertian teks ulasan. Atau kalau tidak, kalian juga mampu membaca pengertian dan definisi teks laporan hasil observasi. Ini akan sangat membantu kalian dalam memahami banyak sekali macam pengertian teks yang memang ada banyak jenisnya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Baik, sekarang kita masuk pada pengertian teks eksplanasi aau definisi teks eksplanasi. Pengertian teks eksplanasi yakni sebuah teks yang berisi mengenai pembahasan proses "mengapa" dan "bagaimana" suatu kejadian mampu terjadi. Kejaidan ini mampu dalam bidang sosial, budaya, saint atau kejadian apapun yang terjadi. Karena bagaimanapun juga, sebuah kejadian yang terjadi di sekitar kita pasti ada alasannya yakni dan akibatnya. Dan, yang paling penting yakni bahwa sebuah kejadian itu mampu kita analisa untuk kemudian kita jadikan sebuah pelajaran ke depannya.

Struktur Teks Eksplanasi

Baik kita lanjutkan pembahasan mengenai teks eksplanasi, setelah mengerti wacana pengertian teks eksplanasi, maka selanjutnya yakni pembahasan mengenai struktur teks eksplanasi. Karena menyerupai yang sudah kalian pahami bersama bahwa dalam setiap teks pasti memiliki struktur yang berbeda, maka demikian halnya dengan teks eksplanasi yang juga memiliki struktur teks eksplanasi yang berbeda dengan struktur teks yang lainnya. Perhatikan di bawah ini untuk struktur teks eksplanasi secara lebih detail.

Baca juga : Pengertian Teks Cerita Sejarah

1. Pernyataan Umum

Pertama untuk struktur teks eksplanasi yakni harus memiliki pernyataan umum. Pernyataan umum ini yakni sebuah statemen atau bahasan mengenao suatu topik atau kejadian yang sedang dijelaskan baik keberadaannya, proses terjadinya dan beragam info dasar lainnya.

2. Urutan Sebab Akibat

Struktur teks eksplanasi selanjutnya yakni adanya urutan alasannya yakni akibat. Pada struktur teks eksplanasi ini, diceritakan sebuah runtutan kejadian yang berurutan mulai dari awal hingga selesai sebuah kejadian.

3. Interpretasi

Struktur teks eksplanasi selanjutnya yakni interpretasi. Di dalam struktur teks eksplanasi episode ini, berisi mengenai ulasan kesimpulan dari sekian panjang bahasan mengenai topik yang sedang diulas.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Setelah memahami struktur teks eksplanasi, sekarang kita menginjak kepada ciri-ciri teks eksplanasi. Ciri-ciri utama dari teks eksplanasi yakni sebagai berikut, perhatikan di bawah ini :

1. Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga episode utama (pernyataan umum, urutan alasannya yakni akibat, interpretasi)
2. Informasi yang disampaikan didasarkan pada fakta
3. Informasi yang disampaikan bersifat ilmiah

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi juga tidak sama dengan beberapa teks yang lain. Kaidah kebahasaan ini yakni terkait dengan penggunaan bahasa yang sering dipakai, kemudian juga frasa-frasa yang digunakan oleh teks eksplanasi, dan banyak sekali hal lainnya terkait bahasa yang ada di dalam teks eksplanasi. Lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

1. Teks eksplanasi lebih fokus pada pembahasan hal yang umum bukan partisipan insan (gempa, banjir, hujan, dll)
2. Bisa jadi menggunakan bahasa atau istilah ilmiah
3. Teks eksplanasi lebih sering menggunakan kata kerja material dan relasional
4. Teks eksplanasi juga menggunakan konjungsi waktu kausal, menyerupai jika, bila, sehingga dll.
5. Teks eksplanasi juga menggunakan kalimat pasif
6. Teks eksplanasi biasanya ditulis untuk membuat justifikasi (pembenaran) terhadap sesuatu yang sedang dibahas

Artikel lain : Contoh Artikel Pendidikan Terbaru 


Nah, itulah pengertian teks eksplanasi yang mampu kami sampaikan kepada kalian semua. Penjelasan pengertian teks eksplanasi yang kami sertakan juga dengan struktur teks eksplanasi, ciri teks eksplanasi di atas agar mampu membuat kalian lebih mengerti lagi mengenai teks eksplanasi itu sendiri. Untuk pola teks eksplanasi, akan kami sampaikan setelah pembahasan ini, insyaalloh.
0 Komentar untuk "Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Ciri-ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya"

Back To Top