Artikel Dunia Pendidikan

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya - Penting bagi setiap pelajar untuk memahami banyak sekali macam jenis teks, terutama untuk pelajar tingkat atas. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya jenis-jenis teks dalam bahasa Indonesia itu ada banyak dan beragam. Salah satunya ialah teks kisah sejarah, teks kisah sejarah ini termasuk salah satu teks yang menjadi bahan kelas untuk pelajar kelas XII kurikulum 2013. Maka dari itu, kalau kalian ialah siswa siswi kelas XII, maka supaya artikel kali ini mampu membantu kalian semua.

Penting
Pengertian Teks Cerita Sejarah

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya


Setelah beberapa waktu yang lalu sudah kami sampaikan pengertian teks ulasan dan juga teks laporan hasil observasi, maka pembasan selanjutnya ialah mengenai pengertian teks kisah sejarah. Karena bagaimanapun juga memahami pengertian teks kisah sejarah ini penting alasannya ialah pengertian teks kisah sejarah menjadi bab dari bahan kelas untuk siswa dan siswi SMA dengan kurikulum 2013. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas pengertian dan definisi teks kisah sejarah lengkap dengan struktur dan juga kaidah kebahasaannya.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Pengertian teks kisah sejarah adalah, sebuah teks yang didalamnya terkandung isi yang menjelaskan dan menyajikan ihwal fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi asal atau latar belakang atas terjadinya sesuatu yang memiliki sejarah di masa lalu. Teks kisah sejarah ini mudah kita temukan di banyak sekali media, baik media online maupun media cetak. Karena tentu saja banyak sekali bahasan mengenai sejarah masa lalu yang mampu dijadikan sebuah teks yang kemudian mampu untuk dipelajari oleh generasi setelahnya.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Bisa kita pahami bahwa setiap jenis teks yang ada, selalu memiliki struktur yang berbeda-beda. Masing-masing teks memiliki ciri khusus yang membedakan dari satu dengan yang lainnya. Demikian halnya dengan teks kisah sejarah ini, teks kisah sejarah juga memiliki struktur tersendiri yang mampu kita pelajari bersama. Pada dasarnya, struktur sebuah teks sendiri ialah sebuah gambaran bagaimana sebuah teks dibangun, di bawah ini ialah struktur teks kisah sejarah lengkap dengan penjelasannya.

1. Orientasi

Orientasi ini ialah bab pertama dari struktur teks kisah sejarah. Pada bab orientasi ini biasanya berisi pengenalan atau pembuka dari teks kisah sejarah itu sendiri.

2. Urutan Peristiwa

Bagian struktur teks kisah sejarah selanjutnya ialah urutan peristiwa. Bagian ini merupakan rekaman peristiwa sejarah yang telah terjadi. Pada bab ini biasanya disampaikan deretan kronologis sebuah peristiwa secara urut.

3. Reorientasi

Urutan berikutnya struktur teks kisah sejarah ialah reorientasi. Pada bab reorientasi ini berisi menggenai komentar langsung penulis mengenai peristiwa atau kejadian yang sedang diceritakan. Bagian ini pada dasarnya merupakan suatau tahapan yang bersifat pilihan, mampu disajikan oleh penulis teks kisah sejarah atau juga mampu tidak disampaikan.
Baca juga : Struktur Teks Ulasan 

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Untuk ciri-ciri kebahasaan teks kisah sejarah ialah ditandai dengan adanya pronomina dan kata ganti, kemudian adanya kata-kata yang membuktikan kejadian atau peristiwa, adanya kata kerja (verba) material, dan konjungsi (kata penghubung) temporal. Masing-masing dari bab dan ciri kebahasaan yang ada pada teks kisah sejarah tersebut memiliki fungsi kebahasaan yang berbeda-beda tentunya. Insyaalloh di lain waktu dan kesempatan akan kami sampaikan kegunaan dari masing-masing kaidah kebahasaan yang ada.


Nah teman-teman, itulah beberapa ulasan mengenai pengertian teks kisah sejarah yang mampu kami sampaikan beserta penjelasan struktur dan ciri kebahasaannya. Semoga penjelasan singkat di atas mampu membuat kalian lebih mengerti dan memahami definisi pengertian teks kisah sejarah.
0 Komentar untuk "Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya"

Back To Top