Artikel Dunia Pendidikan

Ini Akibatnya Kalau Anak Terlalu Dimanja

Ini Akibatnya Kalau Anak Terlalu Dimanja - Buah hati kita merupakan anugerah dan amanah yang diberikan kepada kita. Sebagai orang bau tanah melihat anak bahagia, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, apalagi mereka bahagia dengan pemberian kita tatkala mereka berulang tahun kita memberi mereka kado berupa boneka, mobil-mobilan dan pemberian yang lain.

Ini
Akibat Memanjakan Anak
Tetapi ada beberapa hal yang harus kita pahami bahwa memberi anak dengan sewajarnya dan seperlunya  jauh lebih bijak dan baik dari pada setiap kali merekameminta sesuatu kita selalu memperlihatkan mereka, sebab kalau kita membertikan mereka dengan berlebihan maka efek yang terjadi yaitu anak akan menjadi manja dan berlaku seenaknya tanpa memperhatikan kondisi orang tua  mereka, jikalau orang bau tanah mereka bisa membelikan tidak menjadi masalah, yang jadi problem yaitu ketika keadaan yang terjadi yaitu sebaliknya.

Berikut akan kami paparkan efek yang akan ditimbulkan bila kita terlalu memanjakan anak :

 1. Anak Menjadi Malas

“ Ma ambilin saya makan dong sama lauknya ikan ayam saya ngal mau krupuk lagi“.  Itu yaitu sedikit cuplikan dari percakapan anak yang terlalu dimanja orang tua, padahal ketika itu meja makan posisinya sudah erat dengan anak itu, dan ibu pun lagi mencuci piring. Hal itu sering terjadi bila sang ibu terlalu memanjakan mereka. Anak akan merasa menjadi raja dan mengganggap bahwa orang bau tanah mereka akan selalu menuruti mereka.


 2. Kurang Bisa Mandiri

Jika anak terlalu dimanjakan oleh orang bau tanah problem yang akan timbul yaitu anak akan kehilangan kepercayaan diri mereka dlam melaksanakan sesuatu, mereka hanya bisa mengandalkan perlindungan dari orang bau tanah mereka anpa ada perasaan dan harapan unuk mencoba melaksanakan sesuatu secara mandiri.

 3. Selalu Merasa Kurang

Keinginan seorang anak bila dituruti terus menerus tak akan ada habisnya, mereka tak pernah merasa puas dengan benda yang dimiliknya, misal ; sudah memiliki mobil-mobilan kecil beliau akan menginginkan kendaraan beroda empat yang besar. Perasaan tak pernah puas dan serakah akan terjadi bila kita terlalu memanjakan mereka dengan porsi yang berlebihan.


Memanjakan anak dengan banyak sekali mainan dan barang-barang yang menarik bukanlah sebuah kesalahan tetapi yang harus banyak diperhatikan yaitu bahwa anak pun harus dibatasi dalam segala hal. Jika kita sebagai orang bau tanah tidak melaksanakan itu maka yang terjadi yaitu anak akan semakin manja dan tidak mudah menurut terhadap orang tua. 

Ini sebab mereka selalu menganggap bahwa orang bau tanah mereka bisa untuk melaksanakan hal itu dan tidak akan mau mengerti bahwa ayah mereka mempunyai uang atau tidak. Mereka merasa bahwa di manja oleh orang bau tanah merupakan suatu kewajiban. Dari orang bau tanah terhadap anak. Anak pun tidak mengerti bahwa peran orang bau tanah bukan hanya itu, tetapi juga mendidik secara agama dan sesuai dengan norma masyarakat yang ada.
Tag : Materi Kelas
0 Komentar untuk "Ini Akibatnya Kalau Anak Terlalu Dimanja"

Back To Top